December 26, 2014

Rangkuman Gerak Pada Tumbuhan, Biologi

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel Biologi dengan judul yakni " Rangkuman Gerak Pada Tumbuhan, Biologi " Di artikel ini kami akan memberikan rangkuman lengkap mengenai Gerak Pada Tumbuhan, berikut artikelnya.

Penjelasan Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan dapat bergerak meskipun tidak memiliki sistem sarf karena memiliki kekampuan untuk menanggapi rangsang yang disebut iritabilitas.

Gerak tumbuhan terjadi karena pengaruh adanya rangsangan dari luar yang disebut gerak etinom. Ada 3 macam gerak etinom, yakni tropisme, nasti, dan taksis. Berikut adalah penjelasan mengenai Macam macam gerak pada tumbuhan.

Rangkuman Gerak Pada Tumbuhan
Rangkuman Gerak Pada Tumbuhan

Macam Macam Gerak Pada tumbuhan

Berikut adalah macam macam gerak tumbuhan, ada 3 macam gerak tumbuhan yakni :tropisme, nasti, dan taksis.

1. Gerak Tropisme

Apa yang dimaksud dengan Tropisme ? Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. ika arah geraknya mendekati rangsan disebut tropisme positif, sedangkan bila menjauhi rangsangan disebut tropisme negatif.  Tropisme dibagi menjadi beberapa bagian mengenai rangsangannya, apasaja ? berikut.

  • Fototropisme
    Apa yang dimaksud dengan Fototropisme ? Fototropisme yaitu gerak tropisme karena rangsangan cahaya. Fototropisme positif contohnya gerak tumbuh batang ke arah cahaya matahari. Fototropisme negatif contohnya gerak tumbuh akar menjauhi cahaya matahari.
  • Geotropisme
    Apa yang dimaksud dengan Geotropisme ? Geotropisme adalah gerak tropisme karena pengaruh gravitasi bumi. Geotropisme positif contohnya gerak tumbuh akar ke arah tanah, sedangkan negatif contohnya gerak tumbuh batang menjauhi tanah.
  • Hidrotropisme
    Apa yang dimaksud dengan hidrotropisme ? Hidrotropisme adalah gerak tropisme karena pengaruh rangsang air. Hidrotropisme positif contohnya gerak tumbuh akar ke arah sumber air di tanah, sedangkan negatifcontohnya gerak tumbuh batang menjauhi sumber air di tanah.
  • Kemotropisme
    Apa yang dimaksud dengan Kemotropisme ? Kemotropisme adalah gerak tropisme karena rangsangan zat kimia. Kemotropisme positif contohnya adalah gerak tumbuhan akar menuju zat hara di dalam tanah, sedangkan negatif contohnya gerak tumbuhan akar menjauhi racun.
  • Tigmotropisme
    Apa yang dimaksud dengan Tigmotropisme ? Tigmotropisme adalah gerak tropisme karena rangsang sentuhan. Contohnya gerak sulur tanaman anggur melilit di pagar.

2. Gerak Nasti

Apa yang dimaksud dengan Nasti ? Nasti adalah gerak bagian tumbuha  yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Berikut adalah bagian bagian dari gerak nasti.
  • Tigmonasti
    Seperti tadi di atas arti tigmo adalah sentuhan, sedangkan tigmonasti. Tigmonasti (seismonasti) adalah gerak nasti karena rangsang sentuhan. Contohnya gerak menutupnya daun putri malu jika disentuh.
  • Fotonasti
    Foto berarti cahaya, sedangkan fotonasti adalah gerak nasti karena rangsang cahaya. COntohnya gerak mekarnya bunga pukul empat pada sore hari karena disebabkan rangsang cahaya matahari.
  • Termonasit
    Termonasti adalah gerak nasti karena rangsang suhu. Contohnya gerak mekarnya bunga tulipa pada musim semi yang hangat.
  • Niktinasti
    Adalah gerak nasti karena rangsang gelap. Contohnya gerak menutupnya daun polong polongan pada malam hari.
  • Hidronasti
    Adalah gerak nasti karena pengaruh kandungan air. Contohnya gerak menggulungnya daun padi jika kekurangan air.
  • Nasti Kompleks
    Adalah gerak nasti karena pengaruh beberapa faktor. COntohnya gerak membuka dan menutupnya stomata.

3. Gerak Taksis

Apa yang dimaksud dengan Taksis. Taksis adalah gerak pindah tempat sebagian atau seluruh tubuh tumbuhan karena adanya rangsnagan. Gerak taksis dibedakan menjadi 2 bagian yakni Kemotaksis dan Fototaksis. 
  • Kemotaksis.
    Adalah gerak taksis karena rangsangan zat kimia.Contohnya gerak sel gamet lumut jantang menuju sel gamet lumut betina yang mengandung zat kimia tertentu
  • Fototaksis
    Adalah gerak taksis karena rangsang zahaya. Contohnya gerak alga Chlamydomonas menuju cahaya.

Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Rangkuman Gerak Pada Tumbuhan" terimakasih semoga bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kalimat, bersumber dari Cetak mandiri kelas 8 smp/mts. Terimakasih

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.