December 8, 2014

Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia - Penjelasan

Hari ini saya akan memposting artikel tentang PKN SD kelas 6 dengan judul "Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia - Penjelasan" Di aritkel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Politik luar negeri bebas aktif indonesia mengenai pengertian, tujuan, dan faktor. Berikut 

Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia
Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia


Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia 

Politik luar negeri suatu negara merupakan isi kebijakan dalam menjalin hubungan dengan negara lain. Hal ini merupakan strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu negara dalam hal hubungan dengan negara negara lain. 

Sejak merdeka, indonesia telah menyadari kedudukannya yang penting dalam pergaulan internasional. Oleh karena itu, sejak awal pemerintahan indonesia menerapkan kebijakan luar negeri yang disebut Politik bebas aktif. Politik bebas aktif ini pencetusnya adalah Mohammad hatta. 

Sekilas tentang Mohammad hatta, mohammad hatta adalah tokoh pergerakan nasional. Beliau menjadi Wakil presiden Indonesia pertama. beliau juga salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia.


Mengapa Politik luar negeri Indonesia disebut Politik bebas aktif ?

Hal tersebut dikarenakan politik luar negeri indonesia ditegaskan di atas dua prinsip, yakni bebas dan aktif. Disebut dengan bebas karena politik luar negeri indonesia terbebas dari pengaruh negara negara atau kekuatan asing, atau bebas menentukan sikap apapun tetapi sikap yang didasarkan atas ideologi Pancasila dan UUD 1945. Meski demikian, Indonesia tidak tinggal diam dengan maslaah masalah dunia yang muncul. Bersama Perserikatan bangsa bangsa (PBB) dan organisasi organisasi dunia lainya, Indonesia turut aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Indilah yang dimaksud dengan Prinsip Aktif. 

Aktif juga diartikan dalam menjalankan kebijakan luar negerinya. Indonesia tidak bersikap pasif melainkan bersikap aktif. Indonesia tidak memihak pada kekuatan kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Sebagaimana dicerminkan dalam Pancasila. 


Tujuan Politik Luar Negeri yang dirumuskan Mohammat Hatta :

Tujuan politik luar negeri yang dirumuskan oleh Moh.Hatta adalah sebagai berikut :

  1. Memperoleh barang barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat apabila barang-barang itu tidak atau belum dapat dihasilkan sendiri Seperti barang konsumsi, obat obatan dan makanan.
  2. Meningkatkan perdamaian Internasional karena hanya dalam keadaan damai Indonesia dapat membangun dan memperoleh syarat syarat yang diperlukan untuk memperbesar kemakmuran rakyatnya
  3. Meningkatkan persaudaraan segala bangsa sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pancasila.
  4. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan  negara.

Faktor faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar ngeri antara lain sebagai berikut :
  1. Posisi geografis Indonesia yang berada di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik
  2. Bangsa Indonesia yang dijajah lama oleh bangsa asing dan telah berjuang mencapai kemerdekaannya.
  3. Kepentingan nasional harus selaras dengan politik luar negeri
  4. Situasi Internasional
  5. Jumlah penduduk yang besar dapat merupakan kekuatan juika kondisi optimal menjadi pemersatu
  6. Pemerintah yang bersih akan dapat memajukan negara dan negara dapat dihargai oleh negara lain.

Politik luar negeri harus dilandasi oleh prinsip pandangan tertentu sehingga bangsa Indonesia dapat mengambil sikap dan tindakan dalam menghadapi perkembangan situasi dunia. Landasan politik luar negeri kita adalah Pancasila sebagai landasan ideal dan Undang Undang dasar 1945 sebagai landasan konstitusional.


Terimakasih sekian artikel saya dengan judul "Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia" semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda, kami mohon maaf bila ada kata yang kurang ataupun salah, bila ada silahkan berkomentar kami akan memperbaikinya dengan secepatnya. Trimakasih Artikel ini bersumber dari :

Sumber : CAKRA SD ? Pendidikan kewarganegaraan - VI/ SMT- Gn/ E5 

Trimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.