December 12, 2014

Penjelasan Tentang Masyarakat Sebagai Pelaku Ekonomi

Hari ini saya akan memposting artikel IPS ekonomi dengan judul "Penjelasan Tentang Masyarakat Sebagai Pelaku Ekonomi " Di artikel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Masyarakat sebagai pelaku ekonomi, dan ciri ciri usaha informal dan contohnya.

Masyarakat Sebagai Pelaku Ekonomi 


Masyarakat merupakan kumpulan dari rumah tangga. Masyarakat sebagai pelaku ekonomi sama seperti rumah tangga, yaitu berperan sebagai produsen, distributor, dan konsumen

Masyarakat Sebagai Pelaku Ekonomi
Berdagang, merupakan contoh masyarakat sebagai produsen

1.Masyarakat Sebagai Produsen

Masyarakat sebagai produsen mencakup berbagai bentuk kegiatan masyarakat yang dapat menghasilkan pendaparan, contohnya berupa kegiatan usaha, dagang, bertani, berternak, dan lain sebagainya. 

Sakah satu pilar penyangga ekonomi kerakyatan yaitu usaha informal yang berkembang dalam kehidupan di masyarakat. Ciri ciri sektor usaha informal adalah sebagai berikut :
  • Pelaku ekonomi sektor usaha informal tidak memiliki pendidikan atau keahlian khsus
  • Sektor usaha informal hanya memiliki ruang lingkup usaha ekonomi yang sempit dan kecil
  • Sektor usaha Informal dapat membuka lapangan kerja yang tidak sedikit jumlahnya (banyak).
  • Sektor usaha informal tidak memiliki alat alat produksi yang canggih.

Dari ciri ciri di atas dapat kita simpulkan bahwa contoh dari sektor usaha informal adalah :
  1. Pedagang asongan
  2. Pedagang sambilan
  3. Pedagang kaki lima
  4. Pedagang keliling

2. Masyarakat sebagai konsumen

Masyarakat sebagai konsumen memerlukan barang dan jasa, bagi kelangsungan hidup masyarakat. Masyarakat adalah pengguna atau konsumen "public goods" atau produk produk umum, seperti jalan raya, jembatan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.

3. Masyarakat sebagai Distributor

Masyarakat sebagai distributor diwujudkan dalam bentuk terjadinya proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Lalu lintas perdagangan dan transportasi yang membawa barang barang pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan masyarakat merupakan bentuk kegiatan distribusi yang berlangsung di masyarakat.

Kelancaran arus distribusi yang berlangsung di masyarakat dapat kita amati dari lancar tidaknya proses transportasi barang kebutuhan dari suatu kota ke kota yang lain. Salah satu faktor yang memici terjadinya kelangkaan barang antara lain disebabkan ketidak kelancaran proses distribusi. Hal tersebut sering terjadi di daerah daerah yang sulit dalam hal transportasinya.


Trimakasih sekiana rtikel saya dengan judul "Penjelasan Tentang Masyarakat Sebagai Pelaku Ekonomi " Semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi anda, mohon maaf bila ada kesalahan kata dari artikel yang kami berikan. Artikel ini di ambil dari LKS IPS kelas 8, trimakasih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.