December 9, 2014

Pengertian Kelangkaan sumber daya, IPS

Hari ini kami akan memberikan postingan tentang pelajaran IPS Kelas 8 dengan judul "Pengertian Kelangkaan sumber daya" Di artikel ini saya akan memberikan mengenai kelangkaan Sumber daya dari pengertiannya beserta Kelangkaan Sumberdaya menurut Ilmu Ekonomi.

Pengertian Kelangkaan sumber daya

Sepanjang sejarah kehidupan manusia selalu dipenuhi dengan masalah masalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak ada habis habisnya. Masalah mengenai pemenuhan kebutuhan inilah yang sering disebut dengan Masalah Ekonomi 

Masalah ekonomi yang utama adalah Kelangkaan. Kebutuhan manusia itu tidak ada batasnya, dan tidak semua kebutuhan manusia itu dapat terpenuhi. Adapun penyebabnya adalah terbatasnya alat pemuas ekbutuhan. Jadi Kelangkaan adalah situasi atau keadaan dimana jumlah Sumber daya (Resources) yang ada, dirasakan kurang atau tidak cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. 

Pengertian Kelangkaan sumber daya, IPS

Kelangkaan Sumber Daya Menurut Ilmu Ekonomi

Kelangkaan sumber daya menurut Ilmu Ekonomi dapat dirumuskan dengan cara yang berbeda, yaitu sebagai berikut :
  1. Langka dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia, sedangkan benda benda yang tersedia jumlahnya terbatas sehingga terjadilah kelangkaan.
  2. Langka dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya. Keterbatasan alat pemuas kebutuhan disebabkan oleh keterbatasan atau kelangkaan sumber daya ekonomi.

Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Pengertian Kelangkaan sumber daya" Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda, mohon maaf bila ada kesalahan kata mengenai artikel dengan judul "Pengertian Kelangkaan sumber daya" Trimakasih. 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.