December 27, 2014

Pengertian dari Fenotipe dan Genotipe

loading...
Hari ini kami akan memberikan artikel Biologi mengenai bab Pewarisan Sifat. Artikel ini berjudul "Pengertian dari Fenotipe dan Genotipe " Di artikel ini kami akan memberikan sebuah pengertian dari fenotipe dan Genotipe. Berikut

Pengertian Fenotipe dan Genotipe

Fenotipe

Fenotipe adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra. Contoh fenotipe adalah biji bulat, bunga merah, jengger pial, kulit hitam, rambut keriting, mata sipit, dan batang tinggi. Fenotipe muncul akibat pengaruh dari faktor gen dan faktor lingkungan yang sama sama berpengaruh sehingga terciptalah individu yang berbeda beda.

Pengertian dari Fenotipe dan Genotipe
Kulit Hitam Merupakan contoh dari fenotipe


Suatu individu yangmempunyai fenotipe yang sama belum tentu mempunyai genotipe yang sama pula. Misal, suatu individu mangga mempunyai batang yang tinggi mempunyai 2 kemungkinan genotipenya yaitu bisa saja TT ayau bisa juga Tt.

Genotipe

Genotipe adalah Sifat dasar yang tidak tampak dan bersifat tetap pada individu. Genotipe dituliskan dengan simbo huruf paling depan dari sifat yang dimiliki individu yang dipersilangkan. 

Sepasang alel pada sifat suatu individu yang sama persis disebut dengan homozigot dengan simbol yang sama, misalnya untuk bunga berwarna merah yang mempunyai sifat dominan ditulis dengan huruf MM, sedangkan untuk bunga putih yang mempunyai sifat resesif maka ditulis dengan huruf mm. Bunga berwarna merah juga bisa ditulis dengan huruf Mm. Genotipe MM dan mm disebut pasangan gen homozigot, sedangkan genotipe Mm adalah pasangan gen heterozigot.


Terimakasih sekian artikel singkat dari kami dengan judul "Pengertian dari Fenotipe dan Genotipe " semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda. Artikel ini bersumber dari UML biologi kelas 9 SMP, trimakasih. 

loading...

8 Comments

Click here for comments
December 28, 2014 at 1:31 PM ×

hmm..penuturan ilmu yang benar-benar komplit, tetapi istilah seperti itu sering disebutkan dalam medis juga gak mas,

oh ya..ngomong-ngomong hitam banget itu orang dalam gambar ya, kira-kira kala malam kelihatan gak tuh, hehe..!!

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
December 30, 2014 at 12:16 PM ×

hehehe cuman illustrasinya saja mbak :)

Reply
avatar
January 4, 2015 at 3:43 PM ×

artikelnya bermanfaat sekali mas

Reply
avatar
oy
admin
September 19, 2017 at 8:01 PM ×

Sangat membantu
#mkasih kk, bg, om, tante .dll

Reply
avatar
September 27, 2017 at 10:25 AM ×

Thanks for your information.. Keep it up.. 😊

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...