December 21, 2014

Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika - Biologi

Hari ini kami akan membahas sebuah artikel ulasan UN Kelas 9 dengan judul "Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika - Biologi" Di artikel singkat ini kami akan membahas singkat mengenai Zat Adiktif dan Psikotropika. Berikut

Zat Adiktif dan Psikotropika

Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika
Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika


Zat Adiktif :

Apa yang dimaksud dengan Zat Adiktif ? Zat Adiktif adalah Kelompok zat kimia yang apabila dikonsumsi dapat menibulkan ketergantungan atau kecanduan. Contohnya dari zat adiktif yaitu : Narkotika, nikotin, dan kafein. Beberapa jenis narkotika yaitu Ganja dan Morfin.

Dampak Negatif Penggunaan Ganja.

Dampak negatif dari penggunaan ganja yakni : daya pikir (konsentrasi) menurun, daya tahan tubuh berkurang, mengalami gangguan jiwa, denyut jantung nadi yang menjadi tidak teratur, dan beresiko terkena penyakit kanker paru paru.

Dampak Negatif Penggunaan Morfin.

Dampak Negatif dari penggunaan Morfin yakni : terjadinya gangguan sistem pernapasan, sembelit, dan berisiko tertular penyakit hepatitis C atau HIV/Aids melalui penggunaan jarum suntik.


Psikotropika :

Apa yang dimaksud dengan Psikotropika ? Psikotroika adalah kelompok zat atau obat obatan berupa bahan alami maupun sintetis (buatan) yang apabila di konsumsi dapat mempengaruhi perilaku pemakainya, karena terganggunya kerja susunan saraf pusat (Otak). Contoh dari Psikotropika adalah : Ekstasi dan Shabu-Shabu. 


Dampak Negatif Penggunaan Ekstasi dan Shabu Shabu :

Dampak negatif dari penggunaan ekstasi dan shabu shabu yaitu : berhalusinasi dan hilangnya kesadaran, cenderung mudah curiga (Paranoid), mata sayu dan pucat, selalu berkeringat, tidak bisa tidur, Sulit berfikir dengan baik, badan kurus kering karena tidak nafsu makan, kerusakan saraf mata dan saraf otak, gangguan hati, serta tulang dan gigi keropos.

Kesimpulannya, penggunaan ganja secara berlebihan akan berdampak negatif, banyak ataupun sedikit penggunaan juga berdampak negatif, salah satunya adalah denyut nadinya menjadi tidak teratur.


terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika - Biologi". Semoga bermanfaat bagi anda, 

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.