December 9, 2014

Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai

Hari ini kami akan memberikan artikel tentang pelajaran bahasa Indonesia dengan judul yaitu "Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai" Di artikel ini kami akan memberikan bagaimana cara menulis puisi bebas dengan menggunakan Pilihan Kata yang sesuai. Berikut


Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai

Setiap orang pasti mempunyai pengalaman yang bisa dijadikan sumber inspirasi dalam karya sastra termasuk hal nya puisi. Namun sebagian orang, membuat puisi atau menulis uisi merupakan hal yang sulit. terkadang perlu adanya inspirasi terlebih dahulu. Dengan demikian sebuah puisi itu akan indah, bagus dan nikmat didengar.

Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai
Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai


Menulis puisi tidaklah sulit. Yang penting adalah anda harus menentukan tema puisi. Apa yang akan anda tuliskan dalam puisi ? anda dapat menulis puisi berdasarkan pengalaman yang berkesan atau sesuai isi hati saat itu. Dalam suasana hati yang sangat emosional (sedang jatuh cinta, patah hati, kecewa, sedih, dan senang), kamu lebih mudah menulis sebuah puisi. Namun, anda dapat juga menulis sebuah puisi berdasarkan tema tertentu. Contohnya, keindahan alam, ketuhanan, persatuan, ataupun kecintaan terhadap tanah kelahiran.

Proses Penulisan Puisi

Proses penulisan puisi perlu memperhatikan unsur yang membangun. Puisi terdiri dari dua unsur, yakni unsur tematik (unsur semantik) dan Unsur sintaksis. Unsur tematik atau unsur semantik menuju ke arah struktur batin, sedangkan unsur sintaksis mengarah pada struktur fisik puisi.

Struktur batin adalah makna yang terkandung dalam puisi yang membutuhkan penghayatan. Struktur batin terdiri dari :
  1. Ide/tema
  2. Perasaan
  3. Nada dan suasana
  4. Amanat atau pesan
Struktur fisik adalah Struktur yang bisa kita lihat melalui bahasanya yang tampak. Struktur fisik terdiri dari : 
  1. Irama
  2. Rima
  3. Diksi
  4. Licentia Poetica

Terimakasih sekian artikel Bahasa Indonesia kelas 8 dengan judul "Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilhan kata Yang sesuai" Semoga artikel yang saya berikan bermanfaat bagi anda. Mohon maaf jika ada kesalahan kata atupun yang lainya, trimaksih.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.