December 27, 2014

Faktor Faktor Penyeleksi Alam

Hari ini kami akan memposting sebuah artikek biologi dengan judul "Faktor Faktor Penyeleksi Alam " Di artikel ini kami akan memberikan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi penyeleksian alam. berikut artikelnya

Sebelum saya memberikan faktornya anda harus tahu dahulu mengenai Seleksi alam. Apa yang dimaksud dengan seleksi alam ? Di dalam kehidupan sehari hari, seleksi alam berarti pemilihan, dan alam berarti seala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup. Jadi, seleksi alam adalah pemilihan makhluk hidup yang dapat hidup terus dan tidak dapat hidup terus yang dilakukan oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara alamiah. Faktor apa saja yang mempengaruhi penyeleksian alam ? berikut


Faktor Penyeleksian ALam

Seleksi alam ditentukan oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor faktornya :

Faktor Faktor Penyeleksi Alam
Beruang kutub

1. Suhu Lingkungan

Di daerah dingin dijumpai hewan hewan mamaila yang berbulu tebal, sedangkan di daerah tropis hewan mamalianya berbulu tipis. Dalam hal tersebut, yang menjadi faktor penyeleksi adalah suhu lingkungannya. Mengapa demikian ? karena hewan mamalia yang berbulu tipis umumnya tidak akan bisa menyesuaikan diri pada lingkungan yang bersuhu sangat rendah sehingga hewan tersebut akan tereliminasi dan akan punah.

Pernahkah anda mendengar tentang beruang kutub ? apa yang anda ketahui tentang beruang kutub ? Beruang kutub berbulu tebal untuk membuatnya tetap hangat. Selain bulunya, beruang kutub juga mempunyai lapisan lemak yang digunakan untuk menghangatkan tubuhnya.

2. Makanan

Faktor selanjutnya adalah makanan, setiap makhluk hiduo memerlukan makanan. Makanan adalah kebutuhan primer makhluk hidup. Makanan akan menjadi faktor penyeleksi alam jika terjadi perebutan makanan. Makhluk hidup yang kuat dan mempertahankan makanannya akan dapat berlangsung hidup, sebaliknya hewan yang lemah dan tidak mampu bersaing dalam perebutan makanan akan teremilinasi dan akan punah.

3. Cahaya Matahari

Faktor matahari berhubungan dengan penyeleksian tumbuhan tingkat tinggi yang berklorofil, mengapa demikian ? Karena tumbuhan menggunakan cahaya matahari untuk pembentukan makanan. Jika sinar matahari tidak ada maka tumbuhan tidak bisa memproduksi makanan yang berarti juga tidak bisa memasok energi bagi makhluk hidup lain sehingga rantai makanan akan terputus.


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul "Faktor Faktor Penyeleksi Alam " semoga artikel yang kami berikan bermanfaat, Artikel ini bersumber dari (UML) Biologi smp kelas 9. Terimakasih semoga bermanfaat. 

2 Comments

Click here for comments
Udhy Asbudi
admin
December 28, 2014 at 12:26 AM ×

thanks bermanfaat artikelnya

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.