November 7, 2014

Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN

Hari ini kami akan memposting artikel tentang PKN dengan judul Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN  di artikel ini kami akan memberikan peran apa yang dilakukan indonesia dalam kerja sama ASEAN. berikut

Baca Juga : Beberapa Pengertian dari Prinsip Ekonomi


Sesuai tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta berperan dalam melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dengan demikian Indonesia menyadari pentingnya hubungan kerja sama dengan negara yang lain di berbagai belahan bumi terlebih dengan negara tetangga.

Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN


Peran Indonesia daam kerja sama negara ASEAN sangat penting. Peran ini mencakup beberapa bidang yang sesuai denga asas dan tujuan ASEAN. Berikut ini akan disajikan beberapa peran penting indonesia dalam ASEAN.

1. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Yang Menggagas Lahirnya ASEAN

Wakil Indonesia yang ikut dalam Deklarasi Bangkok adalah Menteri luar negeri yang bernama Adam Malitk. Pada waktu itu, atas nama Indonesia, Menteri Luar Negeri Adam Malik menjelaskan visi indonesia untuk membentuk ASEAN. Kawasan Asia tenggara yang berdiri atas kaki sendiri, mampu mempertahankan diri sendiri terhadap pengaruh pengaruh negatif dari luar kawasan. Visi itu dapat terwujud jika ada kerja sama yang efektif antara negara negara di kawasan tersebut.

2. Meluncurkan Gagasan untuk Menghargai dan melindungi HAM

Dewasa ini HAM menjadi salah satu isu yang telah mendunia. maka Indonesia berusaha untuk mengajak dan mendorong negara negara ASEAN agar lebih menghormati hak asasi manusia dengan cara menaati segala aturan dan norma yang berlaku dalam negaranya

3. Meluncurkan Gagasan Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Gagasa pembentukan komunitas keamanan ASEAN ini dikemukakan oleh Menteri Luar Negri Hasa Wirayudha . Dalam gagasan tersebut Indonesia mengedepankan proses pembangunan politik di kawasan tersebut guna mengatasi perbedaan sistem politik yang terlalu mencolok diantara sesama negara ASEAN, tentang kejahatan transisional, terorisme, sparatisme, perampokan, dan sebagainya.

4. Meganjurkan kerja Sama Penukaran Barang dan jasa

Kerja sama Indonesia dalam bidang Ekonomi dengan negara negara ASEAN lainya sudah sejak lama dilakukan untuk memperkuat perdagangan dan mendatangkan kemakmuran. Kerja sama dalam bidang ekonomi itu dapat berupa pertukaran barang dan jasa. Selain itu dalam bidang jasa transportasi darat dan laut kerja sama ini juga bisa terlihat dalam pengiriman tenaga kerja ke malaysia, singapura, dan negara negara tetangga lainya.

5. Menganjurkan Adanya Pementasan Kesenian atau Budaya Negara-Negara ASEAN.

Dalam bidang Sosial budaya, Indonesia dapat melakukan kerja sama dengan negara negara lain berupa pementasan kesenian antar negara-negara ASEAN. Banyak karya karya dari orang indonesia yang turut memperkaya khasanah budaya ASEAN.



Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Peran Indonesia dalam Kerja Sama ASEAN  semoga artikel yang kami berikan bemranfaat bagi anda, mari baca artikel menarik lainya di gerbangilmu.com, artikel ini bersumber dari LKS cakra SD kelas VI, trimakasih.

11 Comments

Click here for comments
December 1, 2014 at 7:56 PM ×

Ada penulisan yang salah tuh gan yang poin nomor satu itu harusnya adam malik bukannya adam malitk.

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
December 4, 2014 at 12:41 PM ×

Trimakasih atas Koreksiannya @Royan

Reply
avatar
January 26, 2015 at 6:51 PM ×

sangat bermanfaat gan,, makasih yah!!!1

Reply
avatar
March 6, 2015 at 6:20 PM ×

thanksss
sudah mau bergagi ilmu itu sangat mermanfaat banget gannn

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
March 6, 2015 at 6:23 PM ×

Terimakasih banyak juga atas kunjunganya :)

Reply
avatar
nur imanike
admin
March 8, 2015 at 5:57 PM ×

thanks ya gan info nya

Reply
avatar
January 5, 2016 at 9:21 PM ×

nama menlu di nomor 3 itu yang benar hassan wirajuda,ya kan gan? setau saya bukan hasa wirayudha

Reply
avatar
January 6, 2016 at 8:51 AM ×

Ya mas benar, mohon maaf yang nulis kurang teliti.

Reply
avatar
October 27, 2016 at 8:09 AM ×

izin saran,lebih bagus lg jika ditambahkan referensinya

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.