November 22, 2014

Mata - Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi

Hari ini saya akan memposting artikel Biologi tentang Mata, di artikel ini kami akan memberikan berbeagai macam susunan dari mata dan bagian bagian dari mata. Susunan mata dan bagian bagiannya memang sangat rumit sekali memang cipataan tuhan sangat besar dan tidak dapat yang meniru kecanggihan mata itu sendiri. Berikut adalah  Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi. 
 
Mata - Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi
Mata - Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi

 Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi

  1. Alis, alis pada mata berfungsi menahan keringat dari dahi agar tidak memasuki mata.
  2. Kelopak Mata, kelopak mata terdiri dari dua bagian, yaitu kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Kelopak mata atas dapat digerakan, sedangkan bagian bawah tidak. Pada kelopak mata terdapat bulu mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau benda asing bila mata sedang terbuka. Selain fungsi tersebut, bulu mata juga berfungsi melindungi mata dari cahaya matahari yang berlebihan.
  3. Kelenjar air mata, terdapat di bagian dalam kelopak mata yang berfungsi membasahi bola mata dan membersihkan mata dari debu dan benda benda asing. Air mata juga mengandung zat untuk membunuh bakteri. Jika mata berkedip karena ada debu masuk, maka kelenjar airmata menghasilkan air mata, sehingga debu atau benda asing dapat dikeluarkan dan mata menjadi bersih.
Berikut Gambar bagian depan mata .

Bagian depan mata
Bagian depan mata


Bola Mata

Bola mata berada di dalam rongga mata, dan dilindungi oleh tulang tulang tengkorak. Bagian depan bola mata dilindungi oleh selaput tipis, kelopak, bulu mata dan kelenjar air mata. Bola mata melekat pada dinding sebelah dalam rongga mata dengan bantuan tiga pasang otot, yang berfungsi menggerakan bola mata.

Otot otot Penggerak mata ada 3, yaitu :

  1. Otot yang menggerakan bola mata lurus atas dan lurus bawah
  2. Otot yang menggerakan bola mata lurus dalam dan lurus luar
  3. Otot yang menggerakan bola mata miring atas dan miring bawah.

Bagian Bagian Mata

Bola mata terdiri dari Lapisan luar (sklera), Lapisan Koroid (tengah). berikut penjelasanya :

Bagian dalam mata
Bagian dalam mata

A. Lapisan Luar (Sklera)

Sklera merupakan lapisan yang kuat, berwarna putih. Bagian sklera ini membentuk kornea, yaitu lapisan bening dan transparant. Kornea berfungsi untuk menerima cahaya yang masuk ke mata. Permukaan kornea selalu basah. Kornea dilindungi oleh selaput tipis yang disebut konjungtiva.

B. Lapisan Koroid (tengah)

Lapisan Kloroid atau tengah ini berwarna gelap, banyak mengandung pembuluh darah, dan berfungsi untuk menyerap cahaya serta mengurangi cahaya yang memantul di sekitar mata bagian dalam. Di bagian depan selaput ini terdapat iris yang menentukan warna mata. Iris ada yang berwarna hitam, coklat, abu abu, biru, atau hijau.

Warna warna mata (bagian iris)
Warna warna mata (bagian iris)


Iris Berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Bagian tengahnya berlubang yang disebut pupil. Bila cahaya redup, otot otot iris berkontraksi, maka lubang pupil melebar sehingga cahaya yang masuk ke mata lebih banyak. Sebaliknya jika cahaya terang lubang pupil menyempit.

Di belakang iris terdapat lensa mata. Lensa mata dapat mencembung (menebal) dan mencekung (menipis). Kemampuan lensa mata untuk mencembung dan mencekung, disebut daya akomodasi.

Jangkauan Akomodasi lensa mata ditentukan oleh jarak dari mata ke benda yang dilihat. Jarak terdekat yang dapat dlihat engan jelas oleh mata yang normal, disebut titik dekat mata, dan jarak yang terjauh yang dapat dilihat jelas oleh mata normal disebut titik jauh mata. Pada mata normal, jarak titik jauh itu tak terhingga.

Lapisan paling dalam (retina), disebut juga dengan selaput jala. Retina mengandung reseptor yang peka terhadap cahaya. Bagian yang paling peka terhadap cahaya disebut bintik kuning (fovea). Pada bintik kuning terkumpul sel sel saraf yang berbentuk batang dan kerucut.

Sel sel saraf bentuk batang pela terhadap cahaya lemat, sedangkan sel saraf berbentuk kerucur peka terhadap cahaya kuat dan dapat mengenali warna. untuk dapat melihat benda dengan jelas, bayangan benda harus jatuh tepat pada bintik kuning.

Pada retina terdapat bintik buta yaitu tempat keluarnya saraf mata. Di bagian depan bola mata terdapat selaput bening yang tembus cahaya, yang disebut dengan kornea. Kornea berfungsi membantu mengatur agar cahaya yang masuk ke dalam mata. Bola mata juga terisi oleh cairan humor yang membantu mempertahankan bentuk bola mata.


Terimakasih sekian artikel kami dengan judul Mata - Susunan dan Bagian bagiannya beserta fungsi .artikel ini di Ambil dari Sains BIOLOGI SMP Jilid 2B . Trmakasih (Mari membaca artikel di gerbangilmu.com - Ingin menulis kembali artikel ini ? baca dahulu kebijakan coypaste blog ini ! trimakasih).



Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.