November 2, 2014

Macam Macam Tindakan Ekonomi beserta contohnya

Macam Macam Tindakan Ekonomi atau disebut juga Pelaku EKonomi yang akan kami berikan terdapat 5 macam, di artikel sebelumnya kami juga telah mempostind sebuah artikel tentang IPS ekonomi dengan judul Pengertian tindakan ekonomi Rasional dan Irasional. Berdasarkan pihak yang melakukan, tindakan ekonomi atau disebut juga dengan pelaku ekonomi dapat dibedakan menjadi 5 macam, berikut adalah 5 macam tindakan ekonomi beserta contohnya.

Membeli Sepatu Merupakan salah satu TIndakan ekonomi Perorangan


1. Tindakan Ekonomi Perorangan

TIndakan ekonomi perorangan ini dilakukan seseorang yaitu untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan pribadinya / sendirinya sebagai makhluk ekonomi, tanpa melupakan kedudukanya sebagai makhluk ssial. Contoh dari tindakan ekonomi perorangan adalah :

Pipit membeli sepatu di toko "A". Dalam hal ini , pipit berarti melakukan tindakan ekonomi perorangan. Karena sepatu yang dibeli akan digunakan sendiri. Tindakan ekonomi yang dilakukan Pipit yaitu mengkonsumsi barang berupa sepatu.


2. Tindakan Ekonomi di Keluarga

Tindakan ekonomi ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Contoh dari Tindakan ekonomi keluarga adalah :

  • Seorang Bapak bekerja sebagai karyawan disuatu perusahaan untuk memperoleh penghasilan. Penghasilan tersebut dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan keluarganya. Ayah tersebut melakukan  tindakan ekonomi keluarga yaitu mengeluarkan sumber daya yang dimiliki ke perusahaan yang memproduksi barang atau jasa dengan imbalan penghsilan yaitu berupa uang.
  • Ibu Ani pergi ke pasar untuk membeli bahan makanan seperti beras, minyak, guka, dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan ibu Ani agar dapat menyiapkan segala keperluan keluarganya. Ibu ani berarti melakukan tindakan ekonomi keluarga, yaitu mengkonsumsi bahan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarganya.

3.  Tindakan EKonomi di Lembaga Masyarakat

TIindakan ekonomi ini merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh semua bentuk organisasi masyarakat, baik dalam bentuk perkumpulan, yayasan,perusahaan, ataupun bentuk organisasi yang lainya. Contoh dari TIndakan EKonomi Lembaga Masyarakat :

  • Perusahaan tekstil membeli mesin mesin pemintal untuk meningkatkan hasil produksi
  • Koperasi serba usaha menjual barang dagangannya kepada masyarakat.

4.  Tindakan Ekonomi Pemerintah

Tndakan Ekonomi ini dilakukan oleh Pemerintah atau lembaga negara untuk memenuhi kebutuhan negara dan masyarakat. Contoh dari Tindakan Ekonomi Pemeirntah adalah :

  • Pemerintah menyalurkan beras untuk rakyat miskin melalui Bulog.
  • Pemeirntah membangun bendungan untuk pengairan sawah sawah milik masyarakat.

5. Tindakan Ekonomi Antarnegara.

Tindakan ekonomi antarnegara adalah kegiatan kerja sama ekonomi antar dua negara atau lebih untuk meningkatkan kemakmuran bagi warga negara dan bangsa yang bersangkutan Kerja sama tersebut dapat secara bilateral (dua negara) maupun secara multiteral (banyak negara). Contoh dari Tindakan ekoomi Antarnegara yaitu :

  • Kerja sama ASEAN dengan mendirikan pabrik abusoda di Thailand, pabrik urea di Indonesia, dan Pabrik mesin diesel di Singapura.
  • Bank dunia memberikan kredit atau pinjaman kepada negara negara anggotanya.


Trimakasih sekian artikel dari kami dengan judul  5 Macam Tindakan Ekonomi atau Pelaku Ekonomi. semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menraik lainya seputar IPS Ekonomi di gerbangilmu.

5 Comments

Click here for comments
November 13, 2014 at 8:59 AM ×

kasi contoh dan tips cara berdagang gan hehe...

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
November 22, 2015 at 8:42 PM ×

Okey kapan kapan kami beri...

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
November 22, 2015 at 8:43 PM ×

Sama sama, terimaksih telah membaca artikel Macam Macam Tindakan Ekonomi beserta contohny

Reply
avatar
Sell Tiket
admin
August 26, 2016 at 1:45 PM ×

Mau Buka Keagenan Tiket Pesawat sangat mudah daftarkan diri anda
http://agen.selltiket.com

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.