November 7, 2014

Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan sehari hari

loading...
Artikel selanjutnya dengan Bab yang sama yaitu Prinsip EKonomi adalah dengan judul Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan sehari hari di artikel ini kami akan memberikan berbagai contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari hari yang kami ambil dari LKS Ekonomi SMP kelas 7.

Baca Juga :

Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan sehari hari

Prinsip Ekonomi dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya pemanfaatan waktu yang tepat, hidup hemat, cara kerja yang efektif dan membuat skala prioritas kebutuhan atau kegiatan. Hal tersebut termasuk ciri ciri dari orang orang yang melaksanakan prinsip ekonomi.


A. Pemanfaatan Waktu yang Tepat

Pemanfaatan waktu yang tepat maksudnya menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin atau tidak menyia-nyiakan waktu yang ada. Misalnya kapan waktu belajar disekolah, kapan waktu belajar dirumah, kapan waktu bermain, kapan waktunya beribadah, kapan waktu membantu orang tua, kapan waktu untuk istirahat dan lain lain. Selama kita bisa memanfatkan waktu maka peluang untuk berhasil dalam belajar akan lebih besar.

Dengan belajar tepat dan rajin berarti memanfaatkan
waktu yang tepat - sumber : lks cerah
IPS kelas 7


B. Hidup Hemat

Penerapan prinsip ekonomi dengan cara hidup hemat berarti menyesuaikan penggunaan barang dan jasa sesuai dengan kemampuan kebutuhan dan pendapatan. Misalnya uang saku untuk sekolah dari orang tua, kita gunakan sesuai kebutuhan seperti untuk biaya transportasi dan makan di waktu istirahat dan diusahakan ada sisa uang saku untuk ditabung.

C. Cara Kerja yang efektif

Cara kerja yang efektif sesuai prinsip ekonomi. Sebagai pelajar simpanlah buku, alat tulis, separu, pakaian, tas ditempat yang sudah disesiakan. Persiapkanlah buku pelajaran dan keperluan sekolah dan lainya sesuai jadwal pelajaran supaya saat kita dalam belajar akan berajalan dengan baik, tepat waktu dan sasaran. Cara kerja yang efektif berarti kita bekerja sesua sasaran atau tujuan untuk mendapatkan hasil yang baik.

D. Membuat Skala prioritas kebutuhan atau kegiatan

Skala prioritas adalah penyusunan kebutuhan atau kegiatan yang paling mendesak, penting dan sangat dibutuhakan. Misalnya kita membeli dulu kebutuhan pokok, setelah terpenuhi kebutuhan pokok baru kita membelu kebutuhan lainya.


Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Contoh Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan sehari hari semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda, mari baca artikel menarik lainya seputar IPS ekkonomi. Sumber (LKS Cerah), trimakasih
loading...

5 Comments

Click here for comments
Cilembu thea
admin
November 8, 2014 at 11:37 PM ×

seandainya prinsip ekonomi ini benar-benar di terapkan dalam kehidupan sehari-hari apalagi kalau menjadi budaya, tentu kesejahteraan tidak perlu di teriak-teriaki lagi pada negara kan?

Reply
avatar
November 10, 2014 at 11:11 PM ×

sangat menguntungkan, jika prinsip ini diterapkan

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
August 18, 2016 at 1:35 PM ×

Benar sekali jika prinsip ini diterapkan

Reply
avatar
December 27, 2016 at 3:37 PM ×

artikel yang sangat bermanfaat dan membantu sekali..
lihat artikel menarik lainnya dengan mengunjungi :
Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...