November 1, 2014

Ciri ciri utama dan arti manusia sebagai makhluk sosial

Ciri ciri utama manusia sebagai makhluk sosial- Manusia disebut memang makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Di artikel sebelumnya kami juga telah memposting artikel tentang Ips ekonomi dengan judul yaitu Manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral adalah . Untuk di artikel ini kami memposting dari Apa Ciri ciri dari manusia sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai ciri ciri sebagai berikut :

Ilustrasi : manusia sebagai makhluk sosial

Ciri ciri Manusia sebagai makhluk Sosial

a. Berusaha mengendalikan diri

Manusia bertindak dan bersikap sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Supaya tidak terjadi pelanggaran nilai dan norma di dalam masyarakat terdapat pengawasan sosial dan tekanan sosial. Karena dengan adanya pengawasan dan tekanan sosial, setiap manusia berusaha melaksanakan pengendalian diri. (sumber : LKS IPS ekonomi)


b. Senang bekerja sama dan saling menolong dengan sesama anggota masyarakat lainya

Sebagai makhluk sosial yang bermoral manusia memerlukan kerjasama dan saling menolong dengan sesama anggota masyarakat lainya. Manusia dalam mencapai tujuan hidupnya, tak mungkin tanpa bekerja sama dengan orang lain.



Jadi manusia sebagaimakhluk sosial artinya Manusia merupakan makhluk bermasyarakat yang mematuhi nilai nilai, norma, budaya dan menjunjung tinggi kerja sama. Untuk itulah manusia disebut sebagai Homo Homini Socius yang artinya manusia sebagai kawan bagi sesamanya.



Menurut Aristoteles seorang filsuf Yunani dalam bukunya yang berjudul politica menyebutkan manusia sebagai zoon politicon , Apa arti dari Zoon Politicon ? Zoon politicon berarti Makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama sama dalam satu kelompok masyarakat. Para ahli juga sering menyebut bahwa manusia sebagai Social Animal (Hewan Sosial). Manusia adalah hewan yang mempunyai naluri untuk hidup bersama. Naluri atau dorongan untuk hiduo bersama sama dalam masyarakat disebut gregoriousness.

Masyarakat Indonesia memiliki budaya kerja sama yang melekat sejak dahulu. Budaya kersa sama ini perlu dilestarikan dalam kehidupan sehari harinya sebagai salah satu perwujudan kesatuan dan persatuan untuk memenuhi kebutuhan hidup berasama di berbagai bidang.

Trimakasih sekian artikel dari kami dengan judul Ciri ciri utama dan arti manusia sebagai makhluk sosial Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan semunaya, mari baca artikel menarik lainya seputa IPS ekonomi di Gerbangilmu.com , trimakasih.


Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.