November 6, 2014

Beberapa Pengertian dari Prinsip Ekonomi

loading...
Hari ini gerbangilmu akan memposting artikel tentang IPS Ekonomi dengan judul Pengertian dari Prinsip Ekonomi di artikel ini kami akan memberikan beberapa pengertian dari prinsip ekonomi. -

 Pengertian dari Prinsip Ekonomi

Untuk memebuhi kebutuhan hidup, kita dihadapkan kebutuhan yang beraneka ragam dan setiap waktu selalu bertambah, Sedang alat pemuas kebutuhan yang tersedia terbatas. Oleh karena itu manusia bertindak dilandasi pertimbangan pertimbangan. Terdapat dua pertimbangan, yang pertama adalah pertimbangan saat ini atau sekarang, yangkedua adalah pertimbangan untuk masa akan datang. TIndakan ekonomi perlu dilandasi oleh pertimbangan yang cermat dan rasional yang disertai dengan kesediaan untuk melakukan pengorbanan tertentu.

Barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hal ini disebabkan, barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia. Manusia harus dapat memilih kebutuhan mana yang mendesak dan yang harus dipenuhi lebih dahulu, maka manusia dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan di antara beberapa kemungkinan kebutuhan mana yang dapat ditunda dan mana yang tidak dapat untuk ditunda.

Pengertian prinsip ekonomi - Tawar Menaawar


Untuk menentukan pilihan yang paling tepat diperlukan tindakan ekonomi, tindakan ekonomi harus menjadi dasar dalam kegiatan ekonomi. Dalam ilmu ekonomi kita mengenal suatu kaidah yang dapat dipakai sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kaidah itu disebut dengan nama prinsip ekonomi, Prinsip ekonomi merupakan pertimbangan yang disertai oleh pengorbanan seminimal mungkin dalam rangka mencapai hasil yang sebesar besarnya. 

Prinsip ekonomi menjadi pedoman bagi manusia dalam menentukan tindakan dalam kegiatan ekonomi tertentu. Pertimbangan, pengorbanan, maupun hasil yang lebih baik merupakan tiga unsur penting yang terkandung dalam prinsip ekonomi.

Berdasarkan uraian tersebut, jelas bahwa semua kegiatan ekonomi manusia harus berdasar pada prinsip ekonomi. Sebaiknya semua orang selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Berikut adalah beberapa pengertian dari prinsip ekonomi pada umumnya :

  1.  Prinsip ekonomi adalah :  dengan pengorbanan yang sekecil kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar besarnya.
  2.  Prinsip Ekonomi adalah : dengan pengorbanan yang kita keluarkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan diharapkan.
  3. Prinsip Ekonomi adalah : Berusaha dengan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  4. Prinsip Ekonomi adalah : Dasar berpikir manusia yang digunakan untuk melakukan tindakan ekonomi.

Bahkan dalam dunia usaha prinsip ekonomi berhubungan sebutan efisien dan efektif. Efisien artinya ketepatan agar tidak terjadi pemborosan dan efektif artinya apa yang dilaksanakan tepat untuk mencapai target tertentu.  Terimakasih sekian artikel saya dengan judul  Pengertian dari Prinsip Ekonomi semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda, sumber (LKS IPS ekonomi kelas 7). Ayo baca artikel menarik lainya di gerbangilmu.com. trimakasih
loading...

1 komentar:

Click here for comments
November 6, 2014 at 4:17 PM ×

terimakasih gan artikel nya mengulang materi saya dulu :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...