October 26, 2014

Struktur Dari Paru Paru - Biologi

Hari ini kami akan memposting sebuah artikel tentang biologi dengan judul Struktur Dari Paru Paru  . Di artikel sebelumnya dengan pelajaran dan bab yang sama yaitu pelajaran biologi bab Sistem Ekskresi Manusia kami telah memposting artikel dengan judul Fungsi dari Hati dan Gangguan dari hati.  Paru paru adalah organ yang bertindak sebagai alat pernapasan. Selain itu paru paru juga bertindak sebagai alat ekskresi dengan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Kedua zat ini harus dikeluarkan agar tidak mengganggu fungsi tubuh.



Karbon dioksida dan air sebagai sisa metabolisme dikeluarkan dari sel sel dalam jaringan tubuh dan masuk ke dalam aliran darah melalui pembuluh balik dan dibawa ke jantung. Darah yang mengandung karbon dioksida dan air dipompakan ke paru paru melalui pembuluh nadi paru paru. Pada alveolus, karbon dioksida dan air berdifusi, kemudian diekskresikan melalui saluran pernapasan.


Struktur Paru Paru

 

 

Paru paru terdiri atas dua bagian yaitu paru paru kanan dan paru paru kiri. Di dalam paru paru terdapat bronkus (percabangan tenggorokan) membentuk cabang cabang bronkiolus. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan yang kiri bercabang menjadi 3 bronkiolus. Ujung brokiolus adalah kantung udara (alveulus). Di alveolus inilah terjadi pertukaran udara.

Paru paru terbungkus lapisan pleura yang dibedakan menjadi 2 yaitu pleura dalam dan luar. Pleura dalam membungkus paru paru, sedangkan pleura luar menutupi rongga dada dan bersebelahan dengan tulang rusuk Di antara pleura dalam dan luar terdapat rongga berisi cairan sebagai pelumas bagi paru paru.

Video Struktur Paru paru :




Trimakasih sekiana artikel dari kami dengan judul Struktur Dari Paru Paru Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda, mari mencari artikel menarik lainya di gerbangilmu.com

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.