October 23, 2014

Penyakit dan Gangguan Pada Kulit

Gerbangilmu.com - Postingan selanjutnya adalah tentang gangguan atau penyakit yang terdapat pada kulit, di artikel sebelumnya juga terdapat artikel tentang kulit yaitu dengan judul Bagian Bagian dari Kulit beserta Penjelasanya. . Kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan kulit sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari Ada penyakit yang berbahaya dan tidak berbahaya, salah satunya yang akan kita bahas di artikel ini berikut :



1. Ringworm

Ringworm adalah sejenis jamur yang menginfeksi kulit. Infeksi ini ditandai dengan timbulnya bercak lingkaran di kulit. Untuk pencegahanya, yaitu dengan menjaga agar kulit tetap kering dan tidak lembap.
Gambar : Penyakit RIngworm


2. Biduran

Penyakit biduran disebabkan oleh udara dingin, alergi makanan, dan alergi bahan kimia. Tanda tanda adanya biduran yaitu timbulnya bentol bentol yang tidak beraturan dan terasa gatal. Biduran dapat berlangsung beberapa jam dan dapat juga berlangsung beberapa hari. Jika  penyakit ini disebabkan oleh alergi, maka cara pencegahanya adalah dengan menghindari bahan makanan dan produk kimia yang menyebabkan alergi. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan resep obat dari dokter.

Gambar : Biduran


3. Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit disebabkan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berkulit putih atau terang, karena warna kulit putih lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan tabir surya atau menghindari kontak dengan sinar matahari yang terlalu banyak dan lama.

4. Psoriasis

Penyakit Psoriasis belum dapat disembuhkan secara total, tetapi pengobatan teratur dapat menekan gejala menjadi tidak nampak. Gejala yang ditimbulkan adalah kulit kemerahan yang dapat terjadi di kulit kepala, sikut, punggung, dan lutut. Penyebab dari Psoriasis belum bisa ditentukan, tetapi hasil dari banyak penelitian penyakit ini  disebabkan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Ada dua tipe sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh kita, yaitu sel limfosit T dan limfosit B. Pada psoriaris terjadi aktivitasi limfosit T yang tidak normal di kulit, ini menyebabkan kulit menjadi meradang secara berlebihan.

5. Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang akut atau kronis. Penyakit eksim menyebabkan kulit menjadi kering, kemerah merahan, gatal gatal dan bersisik.

6. Biang keringat

Biang keringat dapat mengenai siapa saja, baik anak anak, remaja, ataupun orang tua. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik bintik kemerahan yang disertai rasa gatal. Daki, debu, dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.





Biang keringat (Gambar)

Orang yang tinggal di daerah tropis yang kelembapanya tidak terlalu tinggi, akan lebih mudah terkena biang keringat. Terkadang anggota badan yang terkena biang keringat adalah dahi, leher, pungung, dan dada. Agar tidak terkena biang keringat, aturlah ventilasi ruangan dengan baik. Selain cara tersebut cara lainya adalah, jangan berpakaian yang terlalu tebal dan ketat. Namun jika sudah terlanjur terkena biang keringat dapat dicegah dengan cara di taburkan bedak di sekitar biang keringat. Bila bintik bintik sampai mengeluarkan nanah sebaiknya segera perika ke dokter.

7. Jerawat

Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Penyakit tersebut umumnya dialami anak anak pada masa remaja. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah, dada atas, dan pungung. Bekas jerawat dapat menimbulkan bopeng. Pemijatan jerawat secara tidak benar perlu anda hindari, karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu dengan cara makan makanan seimbang, cukup tidur (tidak banyak begadang), dan olah raga serta rajin menjaga kebersihan kulit seperti cuci muka dengan sabun khusus wajah, dan mandi dengan sabun yang baik digunakan untuk kesehatan.

Gambar : Jerawat


8. Skabies

Skabies disebut juga seven-year itch. penyakit Skabies disebabkan oleh parasit insekta yag sangat kecil (sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain.



Trimakasih sekian artkel dari gerbangilmu.com dengan judul Penyakit dan Gangguan Pada Kulit semoga bermanfaat bagi anda, mari baca artikel menarik lainya seputar Kulit di gerbangilmu.com (sumber artikel : LKS IPA kelas 9 | Gambar : google) Trimakasih.

2 Comments

Click here for comments
October 24, 2014 at 7:20 PM ×

Dipunggung saya kok ada tulisan Gerbangilmu.com itu kira-kira terkena penyakit apa ya gan ??

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
October 25, 2014 at 11:36 PM ×

hahaha.. itu seperti gambar di atas :D watermark nya pas dipunggung :D

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.