October 21, 2014

Apa yang dimaksud Filtrasi Reabsorbsi dan Augmentasi

Hari ini gerbangilmu.com akan memberikan artikel pelajaran yaitu mata pelajaran biologi dengan judul yaitu Pengertian Filtrasi Reabsorbso dan Augmentasi di artikel ini kami akan menjelaskan tentang ketiga tahapan urine tersebut.


Filtrasi (Penyaringan)

Proses ini terjadi di glomerolus. Cairan yang tersaring ditampung oleh kapsula bowman. Cairan tersebut tersusun oleh urea, glukosa, air, ion ion anorganik seperti natrium, kalium, kalsium, dan klor. Darah dan protein tetap tinggal di dalam kapiler darah karena tidak dapat menembus pori pori glomerulus. Cairan yang tertampung di kapsula bowman disebut urine primer. Selama 24jam darah yang tersaring dapat mencapai 170 liter.

Reabsorbsi (Penyaringan Kembali)

Proses reabsorbsi terjadi di tubulus kontortus proksimal. Proses yang terjadi adalah penyerapan kembali zat zat yang masih dapat diperlukan oleh tubuh. zat yang diserap kembali adalah glukosa, air, asam amino dan ion on anorganik. Sedangkan urea hanya sedikit diserap kembali. Cairan yang dihasilkan dari proses reabsorbsi disebut urine sekunder

Augmentasi (Pengumpulan)

Proses ini terjadi di tubulus kontortus distal dan juga di saluran pengumpul. Pada bagian ini terjadi pengumpulan cairan dari proses sebelumnya. DIbagian ini juga masih terjadi penyerapan ion natrium, klor serta urea. Cairan yang dihasilkan sudah berupa urine sesungguhnya, yang kemudian disalurkan ke rongga ginjal.

Trimakasih sekian artikel singkat dari kami dengan judul Pengertian Filtrasi Reabsorbso dan Augmentasi semoga bermanfaat bagi anda.

2 Comments

Click here for comments
February 18, 2016 at 9:04 AM ×

Gambar ginjal tidak dapat menjelaskan dimana proses terjadi

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.