October 19, 2014

Pengertian dan Sifat sifat Kedaulatan Rakyat

Gerbangilmu.com - Hari ini gerbangilmu memberikan artikel tentang pengertian kedaulatan rakyat. Pengertian kedaulatan rakyat berhubungan erat dengan pengertian perjanjian masyarakat dalam pembentukan asal mula negara. Negara terbentuk karena adanya perjanjian masyarakat. Perjanjian masyarakat disebut juga dengan istilah kontrak sosial. Ada beberapa ahli yang telah mempelajari kontrak sosial, yaitu Thomas hoobbes, john lovek dan jean jaques R.



Kedaulatan rakyat mengandung arti, bahwa yang terbaik dalam masyarakat ialah yang dianggap baik oleh semua orang yang meruoakan rakyat. Pengertian kedaulatan adalah : kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia. Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensi, bahwa rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kedaulatan rakyat berarti juga, pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pemerintah dari rakyat berati mereka yang duduk sebagai penyelenggara pemerintah terdiri atas rakyat itu sendiri dan memperoleh dukungan rakyat. Pemerintah oleh rakyat mengandung pengertian, bahwa pemerintah yang ada diselenggrakan dan dilakukan oleh rakyat sendiri baik melalui demokrasi langsung maupun demokrasi perwakilan.

Kehidupan negara pada prinsipnya sama dengan kehidupan keluarga. Kedaulatan rakyat memberi gambaan, bahwa rakyatlah pemegang kekuasaan tertinggi dalam setiap kehidupannya dalam bermasyarakat dan bernegara. Penyelenggaraan pemerintah negara berdasarkan kedaulatan rakyat tersebut akan terlihat dalam sistem pemerintaha indonesia. Dalam sistem pemerintahan indonesia akan tergambarkan peran lembaga negara sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat.

Kedaulatan suatu negara mempunyai kekuatan kedaulatan ke luar dan kedaulatan kedalam. berikut penjelasannya :

a. kedaulatan ke luar

Kedaulatan keluar, berarti pemerintah mempunyai wewenang untuk memelihara, dan berkuasa yang bebas, tidak ada ikatan, dan tidak tunduk kepada kedaulatan lain kecuali pada ketentuan ketentuan yang telah ditetapkan. Negara negara harus menghormati kedaulatan dengan tidak mencampuri kepentingan atau urusan dalam negeri.

b. Kedaulatan ke Dalam

Kedaulatan kedalam, berarti pemerintah mempunyai kewenangan tertinggi dalam mengatur, menjalankan pemerintah berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku.



Sifat sifat kedaulatan

1. Asli, Artinya tidak berasal atau tidak dilahirkan oleh kekuasaan lain. Kekuasaan yang berasal dari rakyat adalah asli karena kekuasaan tersebut tertinggi. Sementara itu kekuasaan presiden berasal dari kekuasaan rakyat yang memilihnya.
2. Permanen, Artinya kekuasaan itu tetap ada selama negara itu berdiri, sekalipun pemegang kedaulatan sudah berganti ganti.

3. Tidak terbatas, Artinya kedaulatan itu tidak dibatas oleh kekuasaan lain. Apabila pelaksanaanya dibatas, kedaulatan tidak lagi mencerminkan kekuasaan tertinggi

4. Tunggal (bulat), artinya kekuasaan itu merupakan satu satunya kekuasaan tertinggi dalam negara yang tidak diserahkan atau dibagi bagikan kepada badan badan lainnya.


Terimakasih sekian artikel dari gerbangilmu.com dengan judul yaitu  Pengertian dan Sifat sifat Kedaulatan Rakyat trimakasih semoga bermanfaat bagi anda, artikel ini di ambil dari LKS pkn kelas 8, baca artikel menarik lainya di gerbangilmu.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.