October 22, 2014

Bagian Bagian Ginjal beserta Penjelasanya

Hari ini gerbangilmu akan memberikan sebuah artikel dengan judul yaitu Bagian Bagian Ginjal beserta Penjelasanya di artikel ini kami akan memberikan bagian  bagian dari ginjal. berikut adalah artikelnya.

Ginjal merupakan alat ekskresi yang utama. Gijnal menyerupai biji kacang buncis, berwarna merah cokelat. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak di dekat tulang pinggang.



Ginjal terbungkus oleh selaput tipis yang disebut kapsula renalis yang terdiri atas jaringan fibrus. Ginjal terbagi menjadi 3 bagian. Bagian luar ginjal adalah kulit ginjal atau korteks renalis, bagian kedua adalah sumsum ginjal atau medulla, dan bagian ketiga adalah berupa rongga ginjal atau renalis. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang bagian bagian ginjal.

A. Kulit Ginjal

Kulit ginjal disebut dengan korteks renalis. Korteks renalis tersusun dari sel sel ginjal atau nefron yang berjumlah lebih kurang satu juta sel nefron. Di dalam kulit ginjal terdapat badan Malpighi yang terdiri atas glomerolus dan kapsula bowman. Apa yang dimaksud dengan Glomerolus? glomerolus adalah kumpulan cabang cabang halus atau anyaman pembuluh kapiler di bagian korteks, sedangan Kapsula bowman adalah lapisan yang melingkupi glomerulus, bentuknya seperti cawan dan berdinding ganda. Di korteks terjadi proses penyaringan darah.

B. Sumsum Ginjal

Sumsum ginjal disebut Medulla. Medulla berbentuk kerucut atau renal pyramid. Medulla merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dari kapsula bowman. Di dalam medulla akan terjadi proses reabsorbsi dan augmentasi oleh tubulus proksimal dan tubulus distal. Lengkung henle juga merupakan bagian dari yang menghubungkan tubulus proksimal dengan tubulus distal.

C. Pelvis Renalis (Rongga Ginjal)

Rongga ginjal merupakan tempat penampungan urine yang terus menerus menetes sebagai hasil penyaringan darah di badan Malpighi. Dari masing masing rongga ginjal, keluar saluran yang disebut Ureter. Ureter berfungsi menyalurkan urine ke kantong kemih (vesica urinaria). Di kantong inilah urine disimpan sebelum dikeluarkan melalui saluran kantong kemih (uretra).

Sekian artikel singkat dari kami dengan judul Bagian Bagian Ginjal beserta Penjelasanya  semoga bermanfaat bagi anda , baca artikel menarik lainya seputar biologi di gerbangilmu.com

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.