July 4, 2014

Teknik Dasar Pukulan Backhand Overhead dalam Bulutangkis

PENJASORKES - Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk kedalam kelompok olahraga permainan. Permainan ini dimulai dengan cara menyajikan bola atau service,yang memukul bola dari petak service kanan ke petak service kiri lawan sehingga jalanya bola menyilang. Untuk sebelumnya Gerbangilmu.com telah memosting artikel tentang bulu tangkis yang sama yaitu dengan judul Cara Memegang Raket (Grip). Untuk hari ini kami memposting Teknik Dasar Pukulan Backhand Overhead dalam Bulutangkis. Berikut adalah teknik tahapan tahapannya

Gambar : Teknik Dasar Pukulan Backhand Overhead

Teknik Dasar Pukulan Backhand Overhead

  1. Tahap Persiapan
    • Posisi siap berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan posisi badan menghadap net.
    • Raket dipegang di depan badan ke arah backhand dari kepala raket hampir sejajar bahu dan kedua lutut agak direndahkan.
  2. Tahap Gerakan
    • Saat bola (cock) akan datang, putar badan ke arah kiri hingga posisi kaki kanan ada di depan (memukul dengan tangan kanan). Posisi bahu kanan menghadap net (Arah datangnya bola) bersamaan lengan atas membentuk sudut agak ke atas sedangkan lengan bawah membentuk sudut ke bawah.
    • Pindahkan kembali berat badan ke arah kaki dan putar tubuh ke arah pukulan hingga raket naik ke posisi lebih tinggi.
    • Pada saat bola menyentuh kepala raket, siku dan lengan terentang lurus, lengan bawah dan pergelangan tangan berputar keluar.
  3. Tahap Akhir
    • Lengan lurus.
    • Pandangan mengikuti arah gerakan bola.
     
Bila anda masih kurang paham mengenai tahapan tahapan di atas kami memberikan videonya: 

Terimakasih itulah tadi Tahapan tahapan teknik dasar pukulan Backhand Overhead dalam bulu tangkis. Semoga bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menarik tentang PENJASORKES .

2 Comments

Click here for comments

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.