July 4, 2014

Pengertian Produksi dan Penjelasan kegiatan Produksi

loading...
IPS Ekonomi - Hari ini gerbangilmu.com akan memposting sebuah artikel tentang IPS Ekonomi dengan judul Pengertian Produksi dan Penjelasan kegiatan Produksi. Di artikel ini Gerbangilmu.com akan memberikan tentang apa pengertian produksi, arti dari produksi, nilai guna barang, dan orang yang melakukan kegiatan produksi. Berikut adalah artikel yang kami berikan.



Pengerian Produksi - Kegiatan Produksi adalah Usaha atau kegiatan manusia uuntuk menciptakan atau mempertinggi  nilai guna ekonomi suatu barang atau jasa agar lebih berguna bagi pemenhan kebutuhan manusia. Dalam bidang ekonom, produksi mempunyai arti yang luas yaitu :
  1. Mendapatkan barang yang disediakan oleh alam, seperti hasil tambang, hasil laut dan hasil hutan. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan produksi bidang ekstraktif.
  2. Mengerjakan atau mengolah tanah, seperti pertanian dan perkebunan, termasuk kegiatan produksi bidang agraris.
  3. Mengolah bahan mentah menjadi bahan baku atau barang jadi, merupakan kegiatan produksi bidang Industri.
  4. Mengumpulkan, menyalurkan, serta memasarkan hasil produksi ke tempat tempat yang membutuhkan, termasuk kegiatan produksi bidang perdagangan.
  5. Menghasilkan atau menyediakan jasa, seperti jasa asuransi, jasa transportasi, jasa perbakkan, dan jasa perhotelan, termasuk kegiatan produksi dibidang jasa.
Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa, dan dimana barang atau jasa tersebut memiliki nilai guna (utilitas). Setiap barang memiliki nilai guna yang berbeda. Nilai guna barang tersebut adalah:
  1. Nilai guna bentuk (Form utility) yaitu suatu barang akan memiliki nilai guna apabila telah mengalami perubahan bentuk. Misalnya, kain sebenarnya sudah memiliki nilai guna akan tetapi akan bertambah nilai kain tersebut kalau dirubah menjadi baju maupun celana.
  2. Nilai guna Tempat (Place utility), nilai guna suatu barang akan lebih tinggi karena perbedaan tempat. Contohnya, pasir akan bertambah nilai gunanya kalau dibawa ke toko bangunan.
  3. Nilai guna kepemilikian (ownership utility), nilai guna barang akan bertambah apabila barang tersebut telah berpindah kepemilikannya. Contohnya sepatu di toko belum memiliki nilai guna dan akan memiliki nilai guna kalau sepatu tersebut dibeli oleh seorang dan kemudian dipakainya.

    Nilai guna barang bukan hanya ditentukan oleh kepemilikanya saja, akan tetapi dapat juga dilihat dari siapa yang memiliki. Seorang direktur tidak perlu memiliki cangkul akan tetapi memiliki laptop. Ini menunjukan bahwa kegunaan kepemilikan ini tidak secara syah dimiliki akan tetapi juga ditentukan oleh siapa pemiliknya.
  4. Nilai guna waktu (Time Utility), nilai guna suatu barang akan bertambah kalau barang tersebut digunakan pada saat yang tepat. Contohnya : jaket digunakan pada saat kita kedinginan, payung kita gunakan pada saat hujan ataupun panas.
 Selanjutnya adalah produsen. Apa yang dimaksud dengan Produsen?, Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan usaha produksi. Dalam melakukan produksi seorang produsen harus memikirkan tiga hal, Apa saja tiga hal tersebut ? berikut adalah tiga halnya:

  1. What
    Barang barang apa saja yang akan dihasilkan kegiatan dan bahan bahanya apa saja. Ini berhubungan dengan tujuan dari produksi itu. Tujuan produksi untuk menghasilkan barang produksi atau barang konsumsi.
  2. Who
    Bagaimana cara memproduksinya harus dipikirkan oleh seorang produsen karena ini menyangkut tenaga kerja, modal dan bahan baku. Tujuannya memproduksi barang/jasa yang berkualitas dan harga jual murah.
  3. Whom
    Hasil produksi ditujukan uuntuk siapa? permasalahan yang ditimbulkan bukan sekedar bisa menghasilkan barang akan tetapi barang dihasilkan harus diterima oleh masyarakat. Untuk itu seorang pengusaha perlu mengadakan promosi agar barang hasil produksinya dikenal dan disukai oleh masyarakat.
Terimakasih sekian artikel dari gerbangilmu.com dengan judul Pengertian Produksi dan Penjelasan kegiatan Produksi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
loading...

2 Comments

Click here for comments
July 13, 2014 at 2:55 AM ×

penjelsannya lengkapya, artikel ini cocok buat mereka yang ingin menjalankan usahanya agar mengerti proses produksi dan keinginan konsumen, sangat bermanfaat terima kasih

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 13, 2014 at 10:27 AM ×

Iya mas betul sekali cocok untuk yang ingin menjalankan usaha :D . Trimakasih atas kunjungannya :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...