July 11, 2014

Pengertian dan Bentuk Gerakan Pencucian Tanah (Mass Wassting)

IPS Geografi - Hari ini kami memposting sebuah artikel IPS geografi dengan judul Pengertian dan Bentuk Gerakan Pencucian Tanah (Mass Wassting) Di dalam artikel ini kami akan memberikan pengertian dan penjelasan dari yang namanya mass wassting dan macam macam nama kecepatan geraknya mass wassting beserta pengertian nya juga. Dan berikut adalah artikel nya

Gambar : Mass wassting


Pencucian Tanah (Mass Wassting) -  Proses alam eksogen berikutnya yang akan di pelajari di artikel ini yaitu pencucian tanah atau mass wassting, di artikel sebelumnya dengan proses yang sama yaitu proses alam eksogen kami telah memposting artikel dengan judul "Pengertian dan Bentuk bentuk Muka Bumi Akibat Sedimentasi".

Apa yang dimaksud dengan Pencucian tanah atau mass Wassting ? Pencucian tanah (Mass Wassting) adalah perpindahan massa puing puing batuan atau hancurnya batu batuan secara besar besaran dan bergerak turun ke bawah lereng karena pengaruh gravitasi bumi. Berdasarkan kecepatan geraknya mass wassting atau pencucian tanah dibedakan menjadi 4, yaitu :

Gambar : Jenis jenis gerakan mass wassting

  1. Slow Flowage
    Apa yang dimaksud dengan Slow Flowage? Slow flowage adalah mass wassting yang geraknya sangat lambat dan tidak dapat dilihat secara langsung. Slow flowage juga disebut dengan istilah rayapan massa (Creep). Peristiwa slow flowage ini hanya dapat kita ketahui gejala gejalanya saja, misalnya pada daerah yang miring terdapat pohon yang batangnya bengkok ke atas, dan lain sebagainya.
  2. Rapid Flowage
    Apa yang dimaksud dengan Rapid FLowage ? Rapid Flowage adalah gerakan massa batuan atau mass wassting yang cepat dan dapatdilihat langsung dengan mata proses terjadinya. Rapid Flowage berdasarkan material yang dibawa dikelompokan menjadi 3, yaitu:
    • Earth Flow
      Earth Flow adalah rapid flowage yang digerakan tanahnya jenuh dengan air pada lereng yang landai, sehingga gerakannya tidak terlalu cepat namun bisa dilihat secara langsung.
    • Mud Flow
      Mud flow yaitu gerakan rapid flowage yang berupa gerakan aliran lumpur dengan kandungan air lebih banyak dan gerakanya lebih cepat daripada earth flow.
    • Debris Avalanches
      Debris Avalanches adalah gerakan massa batuan yang cepat pada lereng yang sempit dan curam, karena materialnya lebih encer dan kemiringan lereng lebih besar.
  3. Landslide (Tanah longsor)
    Landslide atau tanah longsor adalah runtuhnya massa batuan atau tanah menuju ke bawah lereng dalam jumlah yang besar. Berdasarkan material batuan yang dijatuhkan atau yang dibawa, landslide atau tanah longsor dibedakan menjadi 3 istilah, yaitu:
    • Rock fall, yaitu peristiwa longsornya massa batuan yang berupa blok blok batuan.
    • Debris Slide, yaitu longsornya massa batuan yang berupa puing puing batuan.
    • Slumping, yaitu tanah longsor yang gerakanya terputus putus dengan jarak yang pendek.
  4. Subsidence
    Subsidence adalah perpindahan massa batuan secara vertikal atau jatuh dari atas tidak merambat lewat tanah. Subsidence ini banyak terjadi di daerah daerah gua kapur dan gua bekas tambang. Material batuan dari atas goa tiba tiba putus dan jatuh menumbuk di dasar goa.
Trimakasih sekian artikel kami dengan judul  Pengertian dan Bentuk Gerakan Pencucian Tanah (Mass Wassting) Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda.

3 Comments

Click here for comments
July 12, 2014 at 11:13 PM ×

trimakasih atas artikelnya tentang bentuk gerakan pencucian tanah atau Mass Wasting

Reply
avatar
helmi junior
admin
July 16, 2014 at 5:55 PM ×

Baca-baca kayak gini. Nambah2 ilmu sob

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 6:34 PM ×

Iya mas helmi benar sekali :) trimakasih kunjungannya

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.