July 10, 2014

Pengertian dan Bentuk bentuk Muka Bumi Akibat Sedimentasi

Gerbangilmu.com - Hari ini gerbangilmu.com akan memberikan artikel IPS Geografi dengan judul Pengertian dan Bentuk bentuk Muka Bumi Akibat Sedimentasi Di dalam artikel ini kami akan membahan pengertian sedimentasi dan bentuk bentuk muka bumi akibat sedimentasi. Berikut adalah artikelnya. Baca Juga artikel sebelumnya tentang IPS Geografi dengan judul : "Pengertian dan Macam Macam Erosi".

Sedimentasi

Pengertian Sedimentasi

Apa yang dimaksud dengan sedimentasi ? Sedimentasi adalah proses pengendapan materi materi yang dikikis dan dibawa oleh air, angin, gletser maupun ombak. Proses pengendapan ini terjadi akibat zat zat pengangkut sudah mengalami penurunan kecepatan gerakan atau telah berhenti sama sekali. Tempat tempat pengendapan materi materi hasil erosi dapat terjadi di daratan (dataran rendah), kanan kiri aliran sungai, dasar laut, danau, maupun di pantai. Proses sedimentasi ini akan membentuk permukaan bumi baru.

Bentuk Bentuk Muka bumi akibat Sedimentasi

Telah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa proses pengendapan ini akan membantu permukaan permukaan bumi baru. Beberapa bentuk permukaan bumi baru yang terbentuk pada proses sedimentasi atau pengendapan antara lain : beach, sand dunes, barchan, whate back, tombolo, bar, delta, dan bantaran. Berikut adalah penjelasan tentang nama beberapa bentuk diatas.
  1. Beach
    Beach yaitu puing puing batu karang di pantai dari material yang dibawa oleh ombak laut. Puing puing batu karang ini merupakan hasil proses pengikisan ombak terhadap pulau berkarang. Beach ini dalam kehidupan sehari hari kita sebut dengan nama pantai berpasir yang landai.
  2. Sand dunes
    Sand dunes atau gumuk pasir yaitu gundukan pasir atau bukit pasir yang terbentuk oleh endapan material material pasir yang dibawa oleh angin. Sand dunes ini banyak kita jumpai di daerah padang pasir atau di pantai berpasir. Berdasarkan bentuknya ada dua macam sand dunes, yaitu :
    • Barchan
      Barchan adalah sand dunes gundukan pasir yang berbentuk seperti bulan sabit. Jadi bentuknya melengkung dengan bagian punggung tinggi.
    • Punggung Paus (Whate back paus)
      Whate back paus yaitu gundukan pasir yang berbentuk seperti punggung dari ikan paus yang memanjang. Bentuk ini kalau kita lihat di daerah pasir mirip dengan ikan paus yang tengkurap dengan punggung di atas.
  3. Tombolo
    Tombolo adalah endapan pasir di pantai yang menghubungkan pulau karang dengan pulau utama. Tombolo ini sering kali di jadikan sarana perhubungan darat bagi wisatawan untuk mengunjungi pulau karang di laut.
  4. Bar
    Bar adalah endapan pasir di daerah pantai yang arahnya memanjang. Bar ini pada saat air pasang akan tertutup oleh air laut. Bar hanya terjadi di daerah yang berpantai landai dan berpasir.
  5. Delta
    Delta adalah endapan lumpur atau pasir yang dibawa oleh aliran sungai dan terjadi di muara sungai yang mendekati laut. Contoh beberapa tempat yang terdapat delta antara lain adalah : Delta kali Brantas, Delta Bengawan Solo, Delta sungai Nil, dan Delta delta lainya. Tanag yang terbentuk di daerah delta ini pada ummnya sangat subur.
  6. Bantaran
    Bantaran adalah dataran pada daerah aliran sungai yang terdiri atas material pasir, kerikil, dan lumpur yang diendapkan oelh air sungai. Bantaran ini letaknya dikanan kiri sungai atau di daerah lembah sungai. Daerah bantaran ini tanahnya sangat subur dan biasanya dimanfaatkan sebagai areal lahan pertanian.

Trimakasih semoga artikel yang kami berikan dengan judul  Pengertian dan Bentuk bentuk Muka Bumi Akibat Sedimentasi bermanfaat bagi anda.

4 Comments

Click here for comments
Z .u. L
admin
July 11, 2014 at 10:55 AM ×

wah sangat jelas sekali penjelasanya hehehe....jadi pengen duduk pakai seragam lagi nich...makasi infonya mas dwi :)

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 12, 2014 at 9:32 AM ×

Iya mas Zul :) Sama sama

Reply
avatar
helmi junior
admin
July 16, 2014 at 5:57 PM ×

Makasih ilmunya sob. Mudah-mudahan bermanfaat.

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 6:34 PM ×

Amin, trimakasih kunjungannya :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.