July 14, 2014

Pengaruh Bentuk permukaan Bumi terhadap manusia

IPS Geografi - Bentuk permukaan bumi, terutama bentuk permukaan bumi daratan sangat berpengaruh terhadap pola kehidupan manusia. Hal ini dapat anda perhatikan pada pola kehidupan penduduk di daerah pegunungan berbeda dengan pola kehidupan penduduk yang tinggal di daratan rendah pantai. Baca Juga : Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan beserta penjelasan

Gambar : Daratan


Bagaimana pengaruh bentuk muka bumi terhadap kehidupan manusia ? Berikut akan kami bahas bersama pola kehidupan penduduk pada dataran rendah, dataran tinggi dan daerah pegunungan.

Pengaruh Bentuk permukaan Bumi terhadap manusia

  1. Dataran Rendah
    Dataran rendah dapat berupa dataran pantai maupun lembah sungai yang subur. Penduduk yang hidup di dataran rendah pantai, bermata pencaharian sebagai nelayan sedangkan Penduduk yang tinggal di dataran rendah lembah sungai, bermata pencaharian sebagai petani. Bentuk rumah dan cara berpakaian penduduk dataran rendah juga berbeda dengan penduduk di daerah dataran tinggi, dan sebagainya. Dataran rendah juga bisa dikembangkan untuk kegiatan kegiatan sebagai berikut :
    • Lahan pertanian, khususnya jenis tanaman budidaya berupa pad, tambakau, tebu, dan palawija.
    • Lokasi Industri, khususnya jika faktor pendukungnya ada, seperti : bahan baku, transportasi, maupun pemasaran.
    • Areal perikanan dan pertenakan, dan lain lain.
  2. Dataran Tinggi
    Corak kehidupan penduduk di daerah dataran tinggi kebanyakan bekerja di sektor perkebunan dan pertanian tegalam. Hasil utama di daerah dataran tinggi ini antara lain : padi gogo, ketela pohon, jagung, dan lain sebagainya. Jenis pertanian yang dilakukan adalah pertanian lahan kering yang mengandalkan air hujan. Selain usaha pertanian, penduduk di daerah dataran tinggi juga usaha perkebunan yang menghasilkan : cengkeh, teh, coklat, dan sebagainya. Kegiatan lain penduduk di dataran tinggi adalah peternakan yang merupakan usaha sampingan.
  3. Pegunungan
    Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan kebanyakan bekerja di sektor perkebunan dan pertanian sistem holtikultural. Makin tinggi suatu tempat, makin rendah suhu daerah tersebut, sehingga jenis usaha perkebunan yang ada berupa pertanian holtikultura seperti : teh, kina dan lain sebagainya. Bentuk rumah dan cara berpakaian penduduk di pegunungan lebih menguntamakan kehangatan, sebab udaranya relatif dingin.
Dalam pembahasan artikel ini cukup hanya 3 bentuk bentang alam di ats, karena 3 bentuk bentang alam itulah yang paling banyak di huni oleh manusia. Sedang bentang alam lain, seperti gurun, lereng gunung, dan lain sebagainya sangat sedikit penghuninya.

Trimakasih sekian artikel saya dengan judul Pengaruh Bentuk permukaan Bumi terhadap manusia Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan semuanya.

17 Comments

Click here for comments
Moe
admin
July 15, 2014 at 3:25 AM ×

kunbal..
lyat2 materinya jadi inget waktu sekolah dulu..

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 15, 2014 at 12:28 PM ×

Iya mas silahkan untuk melihat lihat materi materi sekolah di gerbangilmu :)

Reply
avatar
Ali Maghfur
admin
July 15, 2014 at 3:57 PM ×

mantap banget gan informasinya..
jadi lebih tau ane gan..
thanks maaf kunbalnya telat :)
dari : Ngetech.blogspot.com

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 15, 2014 at 4:29 PM ×

Iya mas nggapapa, trimakasih kunjunganya :)

Reply
avatar
July 15, 2014 at 8:56 PM ×

Dieeeng !! otak langsung berasap jika harus disuruh hapalan lagi pelajaran ini, pak Guru

# siap-siap kabur

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 15, 2014 at 9:28 PM ×

Yah kok kabur mas :( saya minta komenta aja :D , ngga usah dihapalin mas :) ini khusus smp kok :D hehehehe

Reply
avatar
July 16, 2014 at 5:18 AM ×

meskipun khusus SMP, tapi otak ini rasanya sudah berat..... hahahahaha

Reply
avatar
Abdur rahman
admin
July 16, 2014 at 6:33 AM ×

Wah dapet ilmu baru nih, tapi kayanya ini pernah ada di pelajar waktu saya SMP.

Salam kenal.

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 12:53 PM ×

Wah harus dipriksa ke dokter mas :D hehehee tapi ngga mungkin lah otak nya berat :) Berat otak manusia 2,5% dari berat tubuh (wanita) dan 2% dari berat tubuh untuk laki-laki :v wkwkkw terlalu rinci

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 12:54 PM ×

Iya mas ini masuk kedalam IPS Geografi sosiologi :) salam kenal kembali , trimakasih kunjungannya :)

Reply
avatar
helmi junior
admin
July 16, 2014 at 5:46 PM ×

Sama seperti yang diajarkan guru saya.

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 6:32 PM ×

Ok mas :) trimakasih kunjungannya :)

Reply
avatar
July 16, 2014 at 11:09 PM ×

Telat ane gan,, mohon di sori nih,,,

Artikel yg bagus,, perbah saya membaca yg kyak gini,, tpi gpp ngingetin lgi yh gan. thanks gan ... my site http://azhallea.blogspot.com

Reply
avatar
July 23, 2014 at 5:19 AM ×

kalo malang kategori dari gunung sampe laut ada ya sam, tinggi sampe rendah

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 24, 2014 at 6:49 AM ×

Betul sam :) malang memang lengkap banget .. :D

Reply
avatar
Udhy Asbudi
admin
July 29, 2014 at 12:20 AM ×

ternyata bentuk permukaan bumi bermanfaat banget bagi manusia ya gan :-d

Reply
avatar
Z .u. L
admin
August 26, 2014 at 4:04 PM ×

terimakasih informasinya..jadi mengulang pelajaran yg lupa jadi tidak lupa dan bisa baca-baca di blog super ini... ijin bookmark ya mas...

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.