July 7, 2014

Manfaat Melakukan Senam Lantai dan penjelasanya

loading...
PENJASORKES - Senam lantai. Menurut sejarahnya, istilah senam atau gymnastic dari bahasa Yunani. Kata gymnastic mempunyai arti bermacam macam gerakan yang dilakukan seseorang. Senam yang kita kenal sekarang berasal dari Swedia sejak tahun 1800-an yang dipelopori oleh Elli Bjorkstan dan menyebar ke Eropa tengah dan Utara. Di indonesia sendiri , senam mulai dikembangkan sekitar tahun 1963 pada GANEFO I di Jakarta. Pada saat itu senam artistik mulai dipertandingkan dan pada tanggal 14 juli 1963 lahirlah organisasi senam nasional yaitu PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Gambar : Seseorang sedang melakukan senam lantai


Senam lantai merupakan bagian dari senam artisrik. Dikatakan senam lantai karena seluruh ketrampilan gerakan tersebut dilakukan pada lantai matras dan luas lantai yang digunakan berukuran 12 x 12 meter. Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh badan, baik untuk olahraga senam sendiri maupun untuk cabang olahraga lain dan inilah sebabnya mengapa senam disebut juga olahraga dasar.

Salah satu bentuk gerakan senam lantai adalah gerak guling. Yang dimaksud dengan gerakan berguling adalah bergerak dengan cara membulatkan badan sedemikian rupa sehingga badan dapat bergerak berguling seperti benda bulat. Dalam senam lantai gerakan berguling dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Berguling ke depan (Forward roll)
  2. Berguling ke belakang (Back roll)

Manfaat Melakukan Senam Lantai Fisik dan Mental sosial

1. Manfaat Fisik

Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai kegiatannya, siswa akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, kelentukan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangannya.

2. Manfaat mental dan sosial

Ketika mengikuti senam, siswa dituntut untuk berfikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Untuk itu siswa harus mampun menggunakan kemampuan berfikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah masalah gerak. Dengan demikian siswa akan berkembang kemampuan mentalnya.

 Terimakasih semoga artikel yang kami berikan dengan judul Manfaat Melakukan Senam Lantai dan penjelasanya bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menarik lainya seputar penjasorkes seperti (TEKNIK DASAR TOLAK PELURU LENGKAP). Terimakasih atas kunjunganya
loading...

5 Comments

Click here for comments
July 8, 2014 at 1:40 PM ×

wah blognya bagus, seputar olahraga, saya lihat masih jarang blog seperti ini. keren Gan!

Reply
avatar
helmi junior
admin
July 16, 2014 at 6:14 PM ×

Bermanfaat juga yang melakukan senam senam

Reply
avatar
March 16, 2015 at 10:07 AM ×

salam kenal sist
arikelnya informatif sekali....
cocok banget buat aku dan temen2 aku..^-^
kalo tmpat jual baju senam yang murah dan berkualitas dimana yah??
makasih...

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...