July 11, 2014

Jenis Jenis Batuan Pembentuk Muka Bumi

IPS Geografi - Hari ini kami memposting sebuah artikel IPS geografi dengan judul Jenis Jenis Batuan Pembentuk Muka Bumi Batuan Batuan tersebut di bagi menjadi 3 macam yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan. Berikut adalah penjelasannya. Baca Juga artikel sebelumnya : " Pengertian dan Bentuk Gerakan Pencucian tanah".

Gambar : Contoh batuan sedimen

Jenis Jenis Batuan Pembentuk Muka Bumi

Bumi tempat kita berpijak ini sebenarnya adalah batuan. Mungkin ada yang menyangkal, bahwa yang kita injak ini adalah tanah. Memang benar, tanah adalah batuan yang telah mengalami proses pelapukan. Batuan merupakan lapisan bumi paling luar atau kerak bumi. Kerak bumi atau lapisan kulit bumi terdiri atas bermacam macam batuan yang bahan dasarnya sama yaitu dari permukaan magma. meskipun bahan dasarnya sama, karena prosesnya berbeda maka terbentuklah jenis batuan yang berbeda beda pula. Jenis batuan yang ada yang terbentuk dipermukaan bumi ada pula yang terbentuk di dalam lapisan kulit bumi ini. Jenis batuan yang terbentuk di luar kulit bumi terdiri atas tiga macam, yaitu: batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.

  1. Batuan Sedimen ( Batuan Endapan )
    Batuan sedimen adalah jenis batuan yang terbentuk dari batuan beku yang tererosi atau terkikis lalu mengalami proses pengangkutan dan diendapkan di tempat tertentu. Tenaga pengangkut dalam proses pembentukan batuan sedimen sama dengan tenaga erosi, yaitu: tenaga angin, air mengalir, tenaga air laut, dan tenaga gletser. Berdasarkan zat pengangkutnya, batuan sedimen dikelompokan menjadi empat, yaitu :
    • Batuan Sedimen glasial
      Batuan sedimen glasial adalah batuan sedimen yang terbentuk dari hasil sedimentasi oleh massa es yang bergerak
    • Batuan sedimen aeolin
      Batuan sedimen aeolin yaitu batuan sedimen dari proses pengangkutan dan pengendapan angin
    • Batuan sedimen aluvial
      Batuan sedimen aluvial yaitu batuan sedimen dari hasil pengendapan material yang daya angkutnya ait yang mengalir
    • Batuan sedimen marin
      Batuan sedimen marin adalah batuan sedimen dari hasil pengendapan material yang zat pengangkutnya air laut yang bergerak atau bergelombang.
    Beberapa contoh jenis batuan sedimen antara lain yaitu : Batu breksi, batu konglomerat, Batu gamping, batu pasir, batu lempung, dan sebagainya.
  2. Batuan Beku
    Apa yang dimaksud dengan batuan beku ? Batuan beku adalah batuan yang terjadi akibat proses pembekuan magma yang mengalami proses pendinginan. Pembekuan magma bisa terjadi di dalam lapisan kulit bumi maupun di luar lapisan kulit bumi setelah letusan gunung api. Magma yangg membenku di dalam lapisan kulit bumi akan membentuk batuan intrunsif (Batuan beku dalam). Sedangkan magma yang membekunya di luar kulit bumi karena proses pendinginan akan membentuk batuan intrunsif (batuan beku luar).

    Batuan beku, baik batuan beku luar maupun batuan beku dalam jenisnya ada bermacam macam. Hal ini disebabkan jenis magma juga bermacam macam dan setiap jenis magma menghasilkan jenis batuan yang berbeda.
    Tabel : Contoh batuan beku baik intrunsif maupun ekstrusif


  3. Batuan Malihan (Metamorf)
    Batuan malihan adalah batuan beku atau sedimen yang sudah mengalami perubahan karena pengaruh suhu dan tekanan udara yang tinggi. Jika suhu udara dan tekanan udara tinggi, maka dalam jangka waktu yang lama batuan beku atau batuan sedimen dapat berubah menjadi batuan metamorf. Berikut adalah beberapa contoh batuan metamorf atau batuan malihan antara lain:
    • Batuan Kuarsit, Skits, Topas, dan Batu Turmalin
      Batuan batuan tersebut merupakan batuan malihan dari batuan pualam atau kuarsa karena pengaruh suhu dan tekanan udara yang tinggi dalam waktu lama.
    • Batu Migmatit
      Batuan migmatit adalah batuan malihan dari batuan silikat yang mengalami suhu dan tekanan tinggi dalam waktu yang lama.
    • Batu Marmer
      Batuan marmer adalah batuan malihan dari batuan kapur atau gamping karena pengaruh suhu tinggi dan tekanan yang cukup lama.

     
  Terimakasih sekian artikel kami dengan judul Jenis Jenis Batuan Pembentuk Muka Bumi Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda. Mari baca artikel menarik lainya seputar IPS Geografi - sosiologi.

8 Comments

Click here for comments
July 12, 2014 at 11:14 AM ×

banyak juga jenis batuannya ya, ilmu geografi nih mas makasih ya

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 12, 2014 at 12:09 PM ×

Iya sama sama :) trimaaksih atas kunjungannya

Reply
avatar
andre wedhos
admin
July 12, 2014 at 8:15 PM ×

heeem...! baru tahu saya.....!, ternyata jenis2 batu lumayan banyak juga.

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 12, 2014 at 8:40 PM ×

Iya mas :) jenis jenis batu memang lumayan banyak

Reply
avatar
July 14, 2014 at 2:11 PM ×

batuan silikat itu apa gan?

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 14, 2014 at 2:14 PM ×

Sebenarnya itu Batuan pembentuk (Mineral silikat membentuk kelompok terbesar dan terpenting dari mineral pembentuk batuan)

Reply
avatar
helmi junior
admin
July 16, 2014 at 5:52 PM ×

Wah belum pernah baca yang kayak gini ( maklum masih bocah SMP ).

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 16, 2014 at 6:33 PM ×

Ini juga artikel smp mas :) kelas 7 yang nulis aja juga masih SMP :D trimakasih kunjungannya

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.