July 1, 2014

Jalur Gempa Bumi di Indonesia - IPS Geografi

Klik untuk memperbesar gambar
IPS Geografi - Jenis gempa yang banyak terjadi di Indonesia adalah gempa vulkanik, alasannya di indonesia yaitu banyak gunung berapi yang masih aktiv. Selain gempa vulkanik, jenis gempa tektonik juga sering terjadi di Indonesia, hal ini disebabkan di Indonesia masih berlangsung proses pembentukan pegunungan baik patahan maupun lipatan. Hal ini menyebabkan terjadinya peristiwa oengangkatan dan penurunan pada lapisan kulit bumi.

Wilyah di Indonesia secara geologis termasuk daerah yang rawan gempa, baik gempa tektonik maupun gempa vulkanik. Sebab indonesia secara geologis merupakan pertemuan dari beberapa lempeng kulit bumi, apa saja nama lempeng tersebut ? berikut:
  1. Lempeng Benua Eurasia (Eropa dan Asia)
  2. Lempeng Samudra Hindia
  3. Lempeng Benua Australia
  4. Lempeng Samudra Pasifik
Lempeng Benua Asia dan Eropa (Eruasia) relatif stabil dibanding lempeng yang lainnya. Lempeng Samudra Hindia dan lempeng Australia bergerak menuju ke arah utara mendesak lempeng Benua Asia dan Eropa. Sedangkan lempeng Samudra Pasifik bergerak ke arah barat mendesak lempeng Benua Asia dan Eropa. Pertemuan tiga lempeng tersebut, merupakan jalur gempa di Indonesia.

Terimakasih sekian artikel saya dengan judul Jalur Gempa Bumi di Indonesia. Mari baca artikel tentang IPS geografi sebelumnya seperti : Alat-pengukur-gempa-bumi-ips-geografi

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.