July 2, 2014

Diatropisme - IPS Geografi

Pegunungan
Salah satu bentuk muka bumi atau bentang alam adalah pegunungan. Pegunungan terbentuk melalui proses alam yang panjang yang disebut diatropisme. Apa yang dimaksud dengan Diatropisme ? Diatropisme adalah gaya endogen atau dari dalam lapisan kulit bumi yang menyebabkan terjadinya pegunungan.

Gejala diatropisme ini terjadi karena adanya gerakan kulit bumi yang disebabkan oleh tenaga tektonik dari dalam bumi. Tenaga tektonik adalah tenaga dari dalam bumi yang berupa pergeseran kulit bumi. 

Gerakan atau proses pergeseran lapisan kulit bumi terjadi karena adanya proses radioaktif dalam magma. Berdasarkan kecepatan prosesnya, gerakan tenaga tektonik pada proses diatropisme dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Gerak Epirogenetik
    Apa yang dimaksud dengan Gerakan Epirogenetik ? Gerakan Epirogenetik adalah gerakan naik turunya atau pergeseran lapisan kulit bumi yang terjadi secara perlahan lahan dalam jangka waktu yang lama dan daerah yang luas. epirogenetik yang menyebabkan penurunan lapisan kulit bumi disebut Epirogenetik positif, sedangkan epirogenetik yang menyebabkan terjadinya kenaikan lapisan kulit bumi disebut epirogenetik negatif.
  2. Gerakan OrogenetikApa yang dimaksud dengan Gerakan Orogenetik ? Gerakan Orogenetik adalah gerakan kulit bumi yang relatif cepat dan meliputi daerah yang sempit atau tidak luas. Proses orogenetik inilah yang menyebabkan terjadinya pegunungan lipatan dengan sinklinal (lembah lipatan) dan antikinal (pundak lipatan). Proses orogenetik juga menyebabkan terjadinya pegunungan patahan dengan horst dan slenk. 
Gerakan orogenetik bisa menyebabkan terjadinya pegunungan lipatan dan pegunungan patahan. Apakah yang dimaksud dengan pegunungan patahan dan pegunungan lipatan ? Ikuti penjelasan berikutnya.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.