July 4, 2014

Cara Memegang Raket (Grip) dalam Bulutangkis

loading...
PENJASORKES - Cara memegang raket yang benar merupakan hal mutlak yang harus dikuasai oleh pemain karena dengan cara pemegangan ini akan menentukan arah pukulan bola (shuttlecock), jika pemain dapat memegang raket dengan baik dan benar disertai dengan gerakan pergelangan tangan yang bebas, lentuk dan kuat diharapkan pemain tersebut dapat menerima dan mengembalikan pukulan lawan dengan mudah dan tepat.  Dalam bulutangkis dikenal ada 4 cara memegang raket, cara tersebut yaitu :

Gambar : Bertanding Bulutangkis / Badminton

  1. Pegangan Inggris atau Pegangan Kampak
    Caranya adalah raket dipegang pada tangkainya, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai raket yang sempit.
  2. Pegangan Amerika atau Pegangan Gebok Kasur
    Yaitu raket dipegang pada ujung tangkainya, bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tang yang pipih.
  3. Pegangan gabungan atau Pegangan berjabat tangan
    Cara memegang raket dimana raket dipegang pada bagian tangkainya seperti cara inggris tetapi setelah raket dimiringkan maka tangkai dipegang seperti orang berjabat tangan.
  4. Pegangan Backhand
    Cara memegang raket dimana raket dipegang pada bagian tangkainya seperti cara inggris tetapi raket diputar putarkan ke kiri sehingga ibu jari lebih aktif menekan pegangan raket.
Terimakasih semoga artikel yang kami berikan dengan judul  Cara Memegang Raket (Grip) Bulutangkis Bermanfaat bagi anda.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...