June 20, 2014

Teori Masuknya Hindu Buddha ke Indonesia - Ips Sejarah

IPS Sejarah - Ada Beberapa teori yang mengemukakan siapa pembawa ajaran Hindu Buddha ke Indonesia. Berikut Ini teori teori tentang masuknya Hindu dan Buddha ke Indonesia.
N.J Krom
  1. Teori Brahmana
    Teori ini dikemukakan oleh J.C Van Leur. Mengemukakan bahwa para Brahmana dan Biksu datang ke indonesia atas undangan para penguasa setempat yang tertarik untuk belajar agama Hindu dan Buddha.
  2. Teori Ksatria
    Teori ini dikemukakan oleh F.D.K Bosch. Mengemukakan bahwa para ksatria yang kalah perang pergi dari indoa menuju ke Indonesia dan mendirikan kolonisasi. Dari kolonisasi tersebut mereka menyebarkan agama Hindu dan Buddha.
  3. Teori Waisya
    Teori ini dikemukakan oleh N.J.Krom. Mengemukakan bahwa agama Hindu dan Buddha dibawa dan disebarkan oleh para pedagang yang akhirnya berasimilasi dengan penduduk setempat.
  4. Teori Sudra
    Teori ini berpendapat bahwa agama dan kebudayaan Hindu Buddha dibawa oleh orang orang buangan (sudra) akibat peperangan yang terjadi di india.
Di samping Keempat teori diatas, masih terdapat berbagai teori yang memberikan peranan kepada bangsa Indonesia yaitu teori arus balik. menurutteori ini, setelah terjalin hubungan dagang banyak pedagang Indonesia yang pergi ke India. Di samping untuk berdagang juga belajar mengunjungi tempat tempat suci agama Hindu, dan setelah pulang ke Indonesia mereka menyebarkan agama Hindu Buddha yang dibawa dari India.

Dari teori teori di atas, yang diperkirakan paling benar adalah teori Brahmana karena para Brahmanalah yang paling mengerti tentang ajaran Agama Hindu dan Bahasa Sansekerta. Di samping itu karena para Brahmana diundang oleh raja raja di Indonesia untuk mengadakan upacara wretyastoma yaitu upacara untuk menghindukan seseorang.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.