June 19, 2014

Rangkuman Pengaruh Agama Hindu - Ips Sejarah

Ips Sejarah - Agama Hindu diyakini telah ada sejak 1500 SM dan berkembang di lembah sungai indus di india. Bermula dari bangsa Arya yang berasal dari Asia tengah memasuki lembah sungai indus, dan berhasil mendesak bangsa dravida yang merupakan penduduk asli. Antara bangsa Arya dan bangsa Dravida terjadi perpaduan budaya yang akhirnya melahirkan budaya dan agama hindu.

Rangkuman Pengaruh Agama Hindu - Ips Sejarah
Rangkuman Pengaruh Agama Hindu - Ips Sejarah


Dalam kepercayaan Hindu memuja banyak dewa (politheisme) yang masing masing dewa memiliki kekuatan. Dewa yang terkenal yaitu dewa pretivi (dewa bumi), Bayu (dewa angin), Baruna (dewa laut), dan Agni (dewa api). Di antara beberapa dewa, terdapat tia dewa tertinggi yaitu dewa Brahma (dewa pencipta), dewa wisnu (dewa Pemelihara), dan dewa Siwa (dewa perusak). Ketiga dewa tersebut sering disebut dengan dewa Trimurti.

Kitab suci Agama Hindu adalah Kitab weda (dalam bahasa Sansekerta berarti pengetahuan) yang ditulis dalam bahasa sansekerta dan huruf pallawa. Kitab weda terdiri dari empat samhita yaitu:


  1. Regweda, Apa yang dimaksud dengan Regweda ? yaitu kitab yang berisi tentang pujian kepada para dewa
  2. Yajurweda, Apa yang dimaksud dengan kitab Yajurweda ? yaitu kitab yang berisi tentang doa untuk mengantar sesaji
  3. Samaweda, yaitu kitab yang berisi tentang nyanyian untuk memuja para dewa
  4. Atharwawedha, apa yang dimaksud dengan kitab Atharwawedha?, yaitu kitab yang berisi mantra mantra.

DI samping kitab weda, masih terdapat kitab lain yang menjadi pedoman bagi umat hindu yaitu kitab Upanishad dan kitab Brahmana. Kitab brahmana merupakan kitab yang berisi penjelasan mengenai sesaji dan doa. Kitab Upanishad berisi dasar dasar filsafat tentang hubungan manusia dengan tuhan.

Dalam bidang kemasyarakatan, masyarakat Hindu menetapkan sistem kasta, apa yang dimaksud dengan sistem kasta ? yaitu tingkatan masyarakat berdasarkan keturunan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemurnian ras. Dalam sistem kasta ada empat golongan masyarakat yaitu :

  1. Kasta Brahmana tang terdiri atas golongan rohaniwan dan ilmuan
  2. Kasta Ksatria terdiri atas golongan pejabat, pemerintah dan prajurit
  3. Kasta Waisya yang terdiri atas golongan petani dan pedagang
  4. Kasta sudra merupakan kasta yang paling rendah, terdiri dari golongan pengrajin, palayan dan tukang

Selain empat kasta di atas, masih terdapat golongan masyarakat yan tidak masuk dalam kasta yaitu golongan Paria. Mereka adalah fakir miskin, orang jahat dan orang buangan.

Sekian trimakssih

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.