June 19, 2014

Rangkuman Pengaruh Agama Budha - Ips Sejarah

loading...
Ips Sejarah - Agama Budha disebarkan oleh Sidharta gautama, yaitu putra dari Raja Sudhodana, raja dari kerajaan Kosala. Sejak bayi ia diramal akan menjadi tokoh agama yang besar setelah banyak mengalami penderitaan. Menghadapi hal tersebut, Sidharta dibesarkan dalam kemewahan istana.

Namun dalam usia 29 tahun, ia meninggalkan istana dan mengembara. ia berguru kepada Pendeta Alara Kalama dan Uddaka Ramaputta. Kemudian dia bersemedi di bawah pohon Bodhi dan mendapat wahyu (Penerangan) tentang makna hidup. Peristiwa ini menandai dia menjadi Budha sehingga tempat ini dinamakan Bodhgaya. Sidharta memulai khotbah pertama di kota Benares. Berikut adalah tempat tempat yang dianggap suci oleh umat Budha : Tempat itu adalah
  1. Kapilawastu, tempat lahirnya sidharta gautama
  2. Kusinagara, tempat Sidharta wafat
  3. Bodhgaya, tempat Sidharta mendapat wahyu atau penerangan
  4. Benares, tempat sang budha khotbah untuk yang pertama kalinya
 Menurut agama Budha, kesempurnaan (nirwana) dapat dicapai setiap orang. Pokok pokok ajaran budha terangkum dalam empat kebenaran utama dan delapan jalan kebenaran. Berikut ini empat kebenaran utama dalam agama Buddha :

  1. Hidup ditandai oleh penderitaan
  2. Penderitaan dapat dihilangkan untuk mencapai kebahagiaan
  3. Penderitaan bersumber dari hawa nafsu
  4. Untuk mencapai kebahagiaan (nirwana) ditempuh dengan delapan kebenaran
Berikut ini adalah delapan jalan kebenaran yang ditempuh oleh umat Buddha :
  1. Pikiran baik
  2. Niat baik
  3. Perkataan Baik
  4. perhatian baik
  5. Tingkah laku baik
  6. Makan minum baik
  7. Usaha baik
  8. bersemedi baik
Dalam ajaran Buddha tidak mengenal kasta. Sebelum masuk agama buddha, seseorang harus mengucapkan Tridarma yang berbunyi:
  • Saya berlindung kepada Darma
  • Saya berlindung Sanggha
  • Saya berlindung kepada Buddha

Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka yang berarti tiga keranjang. Kitab ini ditulis dalam Bahasa Pali. Kitab Tripitaka dibagi dalam tiga bagian berikut:

  • Vinayapitaka, berisi aturan aturan hidup
  • Suttapitaka, berisi pokok pokok atau dasar memberi pelajaran
  • Abdidarmapitaka berisi falsafah agama Buddha.
Dalam perkembangannya, agama buddha pecah menjadi dua yang disebabkan oleh adanya perbedaan penafsiran tentang ajaran yang disampaikan oleh sang Buddha. Agama Buddha pecah menjadi dua berikut ini:
  1. Buddha Hinayana (Kendaraan kecil), mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana bisa dilakukan oleh diri sendiri melalui meditasi. Penganut aliran ini ada di Srilanka, Muangthai, Birma, dan negara negara Asia tenggara lainya.
  2. Buddha Mahayana (kendaraan besar), mengajarkan bahwa uuntuk mencapai nirwana manusia harus mengembangkan sifat welas asih terhadap sesama manusia. Di samping itu membutuhkan pertolongan manusia Buddha (Bodhisatwa), yaitu orang yang sudah menapai Buddha namun menangguhkan sementara karena untuk menolong manusia mencapai nirwana. Penganut aliran ini terdapat di Tibet, Cina, dan Jepang. 
Sekian Trimakasih.
loading...

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...