June 20, 2014

Proses saluran Islamisasi di Indonesia - Ips sejarah

Hari ini gerbangilmu.com akan memberikan artikel tentang sejarah Islam di indonesia, Artikel ini masuk kedalam label IPS Sejarah. Berikut adalah Proses islamisasi di indonesia dilakukan dengan berbagai cara, Apa saja caranya ?, berikut:

  1. Perdagangan
    Golongan pedagang menjadi pendorong utama untuk berkunjung ke Indonesia karena faktor ekonomi, perdagangan. Di samping berdagang, pedagang muslim mempunyai kewajiban menyebarkan agama islam kepada orang lain. Proses islamisasi melalui saluran perdagangan di percepat oleh situasi dan kondisi politik beberapa kerajaan di mana adipati pesisir berusaha melepaskan diri dari kekuasaan pusat kerajaan yang sedang mengalami kekacauan.
  2. Perkawinan
    Diantara pedagang tersebut ada yang kaya sehingga menarik orang pribumi untuk menjadi pendamping atau istri saudagar tersebut. Sebelum menikah, mereka harus mengislamkan dahulu wanitanya dengan mengucapkan kalimat syahadat. Pengislaman melalui perkawinan lebih menguntungkan apabila terjadi antara saudagar dengan anak bangsawan. Hal ini karena sesudah raja memeluk agama islam, maka rakyatnya dengan mudah dapat terpengaruhi sehingga mereka pun memeluk agama islam.
  3. Tasawuf
    Apa yang dimaksud dengan tasawuf ? Tasawuf adalah ajaran untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah sehingga memperoleh hubungan langsung secara sadar dengan-Nya. Tehnik tasawuf akan mempercepat proses islamisasi karena didasari oleh pengetahuan keagamaannya yang telah dimiliki rakyat.
  4. Pendidikan
    Pendidikan keagamaan dilakukan melalui pondok pesantren untuk membina calon Kyai. Setelah tamat mereka mendirikan pondok pesantren di daerah masing masing. Dengan demikian agama islam menyebar ke seluruh Indonesia
  5. Cabang cabang seni
    Cara Islamisasi dapat melalui cabang kesenian seperti seni bangunan, seni ukir, seni pahat, Seni tari, seni musik, dan seni sastra. 

Dalam perkembangannya, Islam dapat diterima dengan mudah oleh penduduk setempat. Ada beberapa faktor yang mendorong islam cepat berkembang, yaitu :
  • Islam tidak mengenal perbedaan golongan
  • Agama islam cocok dengan jiwa pedagang
  • Agama islam dikembangkan dengan cara damai
  • Sifat masyarakat indonesia yang ramah tamah memberi peluang untuk bergaul lebih erat dengan bangsa lain.
Sekian artikel dari kami dengan judul  Proses saluran Islamisasi di Indonesia semoga bermanfaat bagi anda dan semua.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.