June 30, 2014

Pengertian Pendapatan dan Pengeluaran Konsumen

IPS Ekonomi - Hari ini saya akan memposting sebuah artikel dari pelajaran ips ekonomi dengan judul Pengertian Pendapatan dan Pengeluaran Konsumen. Berikut 

A. Pendapatan

Apa yang dimaksud dengan Pendapatan ? Pendapatan adalah semua penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendapatan tersebut dapat berupa pendapatan tetap dan pendapatan sampingan. Sumber pendapatan atau permintaan tiap tiap orang sangatlah berbeda. Ada bermacam macam sumber pendapatan, antara lain seorang pengusaha mendapatkan penghasilan dari laba usaha, pegawai negeri mendapatkan penghasilan berupa gaji, buruh pabrik mendapatkan penghasilan berupa upah, dan petani mendapatkan hasil dari panennya.Pendapatan yang mereka peroleh, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam dan tidak terbatas jumlahnya. Akan tetapi yang menjadi masalah dalam pemenuhan kebutuhan adalah keterbatasan jumlah pendapatan yang mereka peroleh.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, manusia harus mengatur pengeluaran agar kebutuhannya yang beraneka ragam dapat terpenuhi. Upaya mengatur pengeluaran tersebut dapat dilakukan dengan menentukan pola konsumsi. Apa yang dimaksud dengan Pola Konsumsi ? Pola konsumsi adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang atau rumah tangga dalam jangka waktu tertentu yang akan dipenuhi dengan pendapatan atau penghasilan yang diperoleh. Tujuan penyusunan pola konsumsi adalah untuk mengatur pengeluaran agar sesuai dengan priroritas kebutuhan.

Ilustrasi Pengeluaran uang untuk membeli
kebutuhan

B. Pengeluaran

Apa yang dimaksud dengan pengeluaran ? Pengeluaran adalah arus uang keluar yang digunakan untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

Kegiatan konsumsi tidak akan dapat dilakukan jika tidak ada sejumlah penghasilan atau pendapatan. Besar kecilnya pengeluaran dipengaruhi oleh jumlah pendapatan yang dimiliki. Untuk menjaga keseimbangan antara penghasilan dan pengeluaran, manusia perlu mengatur kegiatan konsumsi. 

Langkah langkah yang perlu dilakukan dalam mengatur pengeluaran untuk konsumsi adalah sebagai berikut  ini :
  1.  Menetapkan prioritas kebutuhan yang paling mendesak
  2. Menyesuaikan pengeluaran dengan besar kecil nya pendapatan yang diterimanya
  3. Memperhatikan dan membandingkan harga kualitas barang yang akan dibelinya
  4. Menghindari pola hidup boros
  5. Menghindari membeli barang barang di luar kemampuan
Sekian artikel saya dengan judul Pengertian Pendapatan dan Pengeluaran Konsumen Semoga bermanfaat bagi semua.

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.