June 20, 2014

Pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia - Ips Sejarah

Ips Sejarah - Masuknya Islam ke Indonesia tidak dapat dilepaskan dari kegiatan perdagangan. Para pedagang yang berasal dri Gurajat, Arab, dan India yang memeluk Islam datang dan berdagang di pusat perdagangan di daerah pesisir seperti malaka, Palembang, dan Demak.
Peta jalur masuk islam ke Indonesia

Para pedagang ini bisa tinggal berbulan bulan menunggu datangnya angin musim yang membawa mereka kembali katanah asalnya. Dan pada saat mereka tinggal, para pedagang islam ini bersosialisasi dan mengenalkan islam kepada penduduk asli Idonesia.

Agama islam mulai masuk dan berkembang di Indonesia pada abad ke-7 hingga abad ke-13 Masehi. Abad ke 7 merupakan masa awal kedatangan agama Islam. penyiaran atau penyebaran agama islam dilakukan oleh para pedagang arab, persia, dan india. Pada masa ini, baru sebagian kecil penduduk saja yang bersedia menganut agama islam. Hal ini karena mereka masih dalam kekuasaan raja raja hindhu dan budha.

Berikut ini adalah beberapa sumber sejarah yang menguraikan tentang masuknya islam ke Indonesia:
  1. Catatan Marcopolo yang memberitahukan adanya masyarakat muslim di Perlak pada akhir abad XIII Masehi.
  2. Catatan Dinasti Tang yang memberitakan bahwa pada abad Vii M telah ada pemukiman pemukiman pedagang arab di Baros, sumatra utara
  3. Catatan Ma-Huan memberitakan bahwa pada abad XV M sebagian masyarakat pantai utara Jwa telah memeluk Islam.
  4. Suma Oriental dari Tome Pires, memuat tentang penyebaran Islam di Sumatra, Kalimantan, Jawa sampai ke Maluku sekitar abad XVI.
  5. Tulisan pada nisan Fatimah binti Maimun di leran, Gresik, pada abad XI.
  6. Pemakaman tua di Troloyo dan Trowulan yang membuktikan adanya bangsawan Majapahit yang sudah memeluk agama islam pada masa pemerintahan Hayam wuruk.
  7. Nisan Sultan malik As Saleh tahun 1297 M.
Sekian trimaaksih artikel dari kami tentang Pendapat tentang masuknya Islam ke Indonesia Semoga bermanfaat

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.