June 19, 2014

Kewajiban Warga negara Indonesia Sesuai UUD 1945 -PKN

loading...


Kewajiban warga negara indonesia meliputi yaitu :

1. Menjunjung hukum dan pemerintahan

Negara indonesia adalah negara hukum, segala segi kehidupan warga negara diatur oleh hukum. Setiap warga negara wajib menghormati dan melaksanakan hukum yang berlaku. Dengan demikian, tidak dibenarkan seorang warga negara indonesia main hakim sendiri dalam menyelesaikan perkara, tetapi harus menurut hukum tertentu yang berlaku.

2. Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara 

Warga negara wajib berpartisipasi dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pertahanan dan keamanan negara itu dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh tentara nasional indonesia atau singkatannya adalah TNI, dan kepolisian negara republik indonesia (polri) sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

3. Mengikuti pendidikan dasar

Jika kalian berhasil tamat dari SMP, kalian telah melaksanakan kewajiban sebagai warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar. Pendidikan dasar adalah pendidikan yang ditempuh sampi jenjang SMP UUD 1945 hash perubahan mewajibkan setiap warga negara indonesia untuk mengikuti pendndikan dasar baik di desa maupun di kota, kaya ataupun miskin. Akan tetapi, tidak semua warga negara mampu membiayai sampai jenjang SMP dan mampu menjangkau SMP karena jaraknya sangatlah jauh, Pemerintah wajib membiayai pendidikan dasar dan menyiapkan fasilitas pendidikan dasar yang memadai jumlahnya dan bermutu.


loading...

2 Comments

Click here for comments
July 13, 2014 at 3:02 AM ×

mas share uud hak ketenaga kerjaan donk , ingin tau saya hak dan kewajibannya sebagai tenaga kerja

Reply
avatar
Gerbang Ilmu
admin
July 13, 2014 at 10:26 AM ×

Insyaallah mas akan saya carikan dulu dari buku, Trimakasih atas kunjungannya :)

Reply
avatar

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.

loading...