June 29, 2014

Kegiatan Konsumsi Siswa dan Keluarga serta Skala Prioritas

Ilustrasi Keluarga
IPS EKONOMI - Rumah tangga atau keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu dan anak anaknya. Keluarga marupakan kelompok yang paling sering melakukan kegiatan konsumsi. Sesuai perannya, masing masing anggota di keluarga memiliki kebutuhan yang sangat berbeda. Baik dilihat dari jumlah, macam maupun ragamnya.

Perbedaan kegiatan konsumsi tersebut disebabkan adanya perbedaan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, cara dan kebiasaan hiduo. Contohnya, ayah sebagai kepala keluarga dan karyawan si suatu perusahaaan, membutuhkan dasi, sepatu, tas kantor, pelayanan khusus, dan waktu khusus untuk bekerja dikantor. Ibu sebagai ibu rumah tangga membutuhkan minyak tanah, minyak kelapa, beras, berbagai sayuran, dan bumbu bumbu masak. Kebutuhan untuk anak juga lain lagi. Contohnya, sebagai palajar ia membutuhkan buku tulis, pena, pensil, tas sekolah, dan sepatu.

Setiap keluarga selalu berupaya sedemikian rupa dalam melakukan kegiatan konsumsi. Ayah berusaha memperoleh pendapatan dan terkadang mencari penghasilan tambahan, sedangkan ibu berperan mengatur penggunaan penghasilan.

Agar kegiatan konsumsi rumah tangga keluarga berjalan dengan lancar, sebaiknya setiap keluarga membuat perencanaan pengeluaran konsumsi berdasarkan pendapat yang diterimanya sebagai prioritas kebutuhan hidup. Contoh : keluarga pak Widiyanta terdiri dari 4 orang anggota keluarga, yaiitu ayah, ibu, dan 2 orang anak. Penghasilan utama diperoleh dari gaji sebesar Rp. 1.500.000,00 dan penghasilan tambahan sebesar Rp. 2.250.000,00. Mencermati uraian tadi dapat disimpulkan pernghasilan tersebut digunakan untuk berbagai macam pengeluaran.

Oleh karena itu, disusunlah anggaran pendapatan dan belanja rumah tangga selama sebulan. Berikut adala Susunan anggaran Pendapatannya :

Contoh Skala Prioritas

Terimaaksih sekian artikel saya dengan judul Kegiatan Konsumsi Siswa dan Keluarga serta Skala Prioritas Semoga bermanfaat

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.