July 1, 2014

Daftar Jenis dan Jumlah Barang yang Dikonsumsi

IPS Ekonomi - Kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa dibedakan menjadi kebutuhan primer, Kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Jumlah dan jenis barang atau jasa yang dikonsumsi manusia sangat banyak dan beraneka ragam. Untuk memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam diperlukan sejumlah penghasilan ataupun pendapatan. Dalam memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam harus disesuaikan dengan penghasilan atau pendapatan yang dimilikinya. Agar antara pendapatan dan pengeluaran terdapat keseimbangan, perlu disusun suatu daftar atau skala pendapatan pengeluaran.
Ilustrasi Barang Konsumsi

Penyusunan anggaran yang berisi catatan catatan pendapatan dan pengeluaran, dapat digunakan pedoman sebagai berikut:
  1. Menyusun Anggaran belanja untuk jangka waktunya.
    Dengan anggaran belanja yang disusun pada periode sebelumnya, dapat dipelajari kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya dan bersifat mendesak. Dengan demikian akan memudahkan penyusunan anggaran pada jangka waktu berikutnya.
  2. Membandingkan rencana anggaran belanja yang telah disusun dengan kenyataan.
    Konsumen yang merencanakan anggaran belanja harus membandingkan dengan kenyataan saat belanja. Sehingga tidak akan terjadi pemborosan atau apabila ada kelebihan (surplus) anggaran belanja dapat disimpan (di tabung).
Sekian artikel saya dengan judul  Daftar Jenis dan Jumlah Barang yang Dikonsumsi  Semoga bermanfaat bagi anda untuk mencari artikel IPS ekonomi di Gerbangilmu.com

Berkomentar dengan sopan dan benar, trimakasih.